DESI NURILLAH, . (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJRAN INTERAKTIF DAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian Eksperimen Pada Anak Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah, Jawa Timur). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (526kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (335kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengaruh antara media video interaktif dan media pembelajaran PPT interaktif (faktor eksternal) dan kecerdasan spasial (faktor internal) untuk memperoleh hasil belajar matematika di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Kabupaten Malang. Populasi terjangkau adalah anak-anak kelas satu reguler tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 5 kelas paralel dengan 126 anak. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposif sampling (sampel bertujuan) yakni teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu karena diperlukan dua kelas yang relatif homogen kemampuannya serta diperkirakan dapat mewakili karakteristik populasi. Selain itu juga karena atas pertimbangan bahwa kedua guru kelas ini memiliki latar belakang yang relatif sama dan pada saat perlakukan masih dalam suasana Pandemik COVID-19. Penelitian ini dilakukan pada anak kelas I yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok anak yang diberi perlakuan dan kelompok yang dijadikan sebagai kontrol. Hasil penelitian ini menyatakan (1) hasil belajar matematika anak yang menggunakan media video interaktif lebih tinggi daripada hasil belajar matematika anak yang menggunakan media PPT interaktif di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Jawa Timur. Melalui penggunaan media video interaktif adalah salah satu bentuk penunjang pembelajaran yang memaksimalkan hasil belajar matematika anak. Maka dalam proses pembelajaran Matematika untuk meningkatkan hasil belajarnya maka lebih banyak pemanfaatan video interaktif; (2) Terdapat interaksi antara media pembelajaran interaktif dan kecerdasan visual spasial anak terhadap hasil Belajar Matematika di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah, Jawa Timur, interaksi antara kecerdasan visual spasial tinggi dan rendah signifikan; (3) Media video interaktif cocok digunakan pada anak yang memiliki kecerdasan visual spasial tinggi dalam meningkatkan hasil belajar Matematika anak; (4) Media PPT interaktif cocok digunakan pada anak yang memiliki kecerdasan visual spasial rendah dalam meningkatkan hasil belajar Matematika. Dalam proses pembelajaran harus mempertimbangkan karakteristik kecerdasan visual spasial, PPT tetap digunakan untuk mengakomodir anak-anak yang memiliki kecerdasan visual spasial rendah. This study aims to obtain the influence between of interactive video media and interactive PPT learning media (external factors) and high and low spatial intelligence (internal factors) on mathematics learning outcomes in Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum Malang Regency. The reachable population is regular first graders for the 2021/2022 academic year consisting of 5 parallel classes with 126 children. The sampling used in this study was a purposive sampling technique, namely a sampling technique with certain considerations because it required two classes that were relatively homogeneous in ability and could be expected to represent the characteristics of the population. Apart from that, it was also due to the consideration that the two class teachers had relatively the same background and at the time of the treatment they were still in an atmosphere of the COVID-19 Pandemic. This research was conducted on class I children who were divided into two groups, namely the group of children who were given the treatment and the group that was used as a control. The children's spatial intelligence instrument determines groups that have high spatial intelligence and groups that have low spatial intelligence. The results of this study stated (1) the mathematics learning outcomes of children who used interactive video media were higher than the mathematics learning outcomes of children who used interactive PPT media in grade 1 of Madrasah Ibtidaiyah East Java. Through the use of interactive video media is one form of learning support that maximizes children's mathematics learning outcomes. So in the process of learning Mathematics to improve learning outcomes, there is more use of interactive videos; (2) There is an interaction between interactive learning media and children's spatial visual intelligence on mathematics learning outcomes in grade 1 Madrasah Ibtidaiyah, East Java, the interaction between high and low spatial visual intelligence is significant; (3) Interactive video media is suitable for use in children who have high visual-spatial intelligence in improving children's mathematics learning outcomes; (4) Interactive PPT media is suitable for use in children who have low visual-spatial intelligence in improving mathematics learning outcomes. In the learning process, the characteristics of visual-spatial intelligence must be considered, PPT is still used to accommodate children who have low visual-spatial intelligence.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd 2). Prof. Dr. Sofia Hartati, M.si |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 17623 not found. |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 01:24 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 01:24 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38056 |
Actions (login required)
View Item |