PENENTUAN BAURAN PEMASARAN TERBAIK PADA PERSAINGAN DOMPET DIGITAL MENGGUNAKAN METODE AHP - WP DAN TEORI PERMAINAN (STUDI KASUS : OVO, DANA, SHOPEE-PAY, DAN GO-PAY)

GENUITA DEVI, . (2023) PENENTUAN BAURAN PEMASARAN TERBAIK PADA PERSAINGAN DOMPET DIGITAL MENGGUNAKAN METODE AHP - WP DAN TEORI PERMAINAN (STUDI KASUS : OVO, DANA, SHOPEE-PAY, DAN GO-PAY). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga riset pasar Kadence International menyatakan bahwa terdapat 5 dompet digital paling populer yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dalam penelitian ini diambil 4 dompet digital, yaitu OVO, DANA, SHOPEE-PAY, dan GO-PAY. Setiap aplikasi dompet digital membutuhkan strategi - strategi pemasaran yang tepat untuk dapat bertahan di persaingan yang ketat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian dari konsumen terhadap aplikasi dompet digital menggunakan metode (Analytical Hierarcy Process - Weighted Product) dan strategi terbaik pada setiap aplikasi dompet digital menggunakan Teori Permainan. Metode AHP (Analytical Hierarcy Process) merupakan metode yang digunakan untuk menentukan bobot suatu kriteria sedangkan metode WP (Weighted Product) adalah metode yang digunakan untuk melakukan perangkingan dengan cara menghubungan antar bobot kriteria. Teori permainan merupakan suatu teori yang digunakan untuk pengambilan suatu keputusan ketika terdapat dua pihak atau lebih yang berada dalam keadaan persaingan. Pada metode Analytical Hierarcy Process menghasilkan urutan indikator dari yang paling penting hingga tidak penting dengan urutan sebagai berikut: keamanan, promo, kemudahan aplikasi, customer service, biaya top-up, kemudahan top-up, keragaman fitur, lokasi merchant, petunjuk penggunaan aplikasi, penilaian, dan iklan. Kemudian, metode Weighted Product akan menghasilkan perangkingan dompet digital dimana OVO mendapatkan urutan pertama yang disusul oleh GO-PAY, DANA, dan SHOPEE-PAY. Pada teori permainan terdapat 6 kombinasi dompet digital yang menghasilkan masing - masing strategi terbaik dari tiap dompet digital berdasarkan kombinasi yang ada. Kata Kunci. Aplikasi dompet digital, Bauran pemasaran, Metode AHP-WP, Teori Permainan. Based on the results of a survey conducted by the market research institute Kadence International, it is stated that there are 5 of the most popular digital wallets used by the people of Indonesia. In this study, 4 digital wallets were taken, namely OVO, DANA, SHOPEE-PAY, and GO-PAY. Every digital wallet application requires the right marketing strategies to survive in this intense competition. This study aims to determine consumer ratings of digital wallet applications using the Analytical Hierarchy Process - Weighted Product method and the best strategy for each digital wallet application using Game Theory. The AHP (Analytical Hierarchy Process) method is a method used to determine the weight of a criterion while the WP (Weighted Product) method is a method used to rank by connecting the weights of criteria. Game theory is a theory that is used for making a decision when there are two or more parties who are in a state of competition. The results of research on the Analytical Hierarchy Process method are the order of indicators from the most important, namely security, promos, ease of application, customer service, top-up fees, top-up convenience, variety of features, merchant locations, application usage instructions, ratings, and advertisement. Then, the Weighted Product method will produce a digital wallet ranking where OVO gets first place, followed by GO-PAY, DANA, and SHOPEE-PAY. In game theory, there are 6 combinations of digital wallets that produce the best strategy for each digital wallet based on the existing combinations. Keywords. Digital Wallet Application, Marketing mix, AHP-WP method, Game Teory.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yudi Mahatma, M, Si. ; 2). Devi Eka Wardani M, S.Pd., M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Matematika
Depositing User: Users 17828 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:09
Last Modified: 06 Mar 2023 03:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/38067

Actions (login required)

View Item View Item