PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI APLIKASI OP AMP PENGATUR PID TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 29 JAKARTA

NIKEN AMANDA SIFHA ALIFIA, . (2023) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATERI APLIKASI OP AMP PENGATUR PID TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 29 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran modul elektronik berbasis animasi menggunakan Lectora Inspire pada materi Aplikasi Op Amp Pengatur PID berdasarkan silabus mata pelajaran Sistem Pengendali Elektronik kelas XI semester ganjil dengan menggunakan kompetensi dasar 3.7, serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran modul elektronik yang dikembangkan terhadap peserta didik kelas XI SMK Negeri 29 Jakarta. Media pembelajaran modul elektronik ini berisi tentang materi Aplikasi Op Amp Pengatur PID yang dilengkapi dengan gambar, video pembelajaran animasi, serta evaluasi soal. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan produk ADDIE yang sudah di modifikasi. Pembuatan media pembelajaran modul elektronik berbasis animasi ini menggunakan software Lectora Inspire, dan tahap validasi menggunakan teknik deskriptif kuantif. Uji coba yang dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu tahap uji coba perorangan (one to one by learner), uji coba kelompok kecil (small group) dan uji coba kelompok besar (big group). Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran modul elektronik berbasis animasi menggunakan software Lectora Inspire berdasarkan : (1) Ahli materi diperoleh presentase 92,5%; (2) Ahli media diperoleh presentase 87,5%; (3) Ahli bahasa diperoleh presentase 86,66%; (4) Peserta didik diperoleh presentase 96,68%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media pembelajaran modul elektronik berbasis animasi menggunakan Lectora Inspire pada materi Aplikasi Op Amp Pengatur PID terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 29 Jakarta secara keseluruhan layak digunakan oleh peserta didik untuk kegiatan pembelajaran. ***** This study aims to develop an animation-based electronic module learning media using Lectora Inspire on PID Regulator Op Amp Application material based on the syllabus of class XI odd semester Electronic Control Systems subject using basic competency 3.7, and to determine the feasibility of electronic module learning media developed for class XI students of SMK Negeri 29 Jakarta. This electronic module learning media contains PID Regulator Op Amp Application material which is equipped with images, animated learning videos, and evaluation questions. This research uses the Research and Development (R&D) development method with a modified ADDIE product development model. The creation of this animation-based electronic module learning media uses Lectora Inspire software, and the validation stage uses quantitative descriptive techniques. The trial was carried out through three stages, namely the individual trial stage (one to one by learner), small group trial (small group) and large group trial (large group). The results showed that the level of feasibility of animation-based electronic module learning media using Lectora Inspire software based on: (1) Material experts obtained a percentage of 92.5%; (2) Media experts obtained a percentage of 87.5%; (3) Linguists obtained a percentage of 86.66%; (4) Students obtained a percentage of 96.68%. So it can be concluded that the animation-based electronic module learning media using Lectora Inspire on PID Op Amp Regulator Application material on improving the learning outcomes of grade XI students at SMK Negeri 29 Jakarta is overall feasible to be used by students for learning activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wisnu Djatmiko, M.T. ; 2). Dr. Baso Maruddani, M.T.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 18337 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:27
Last Modified: 16 Aug 2023 01:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39013

Actions (login required)

View Item View Item