PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN RODA GIGI LURUS PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN FRAIS DI SMKN 52 JAKARTA

JIHAD MUFRY ANNAHL, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN RODA GIGI LURUS PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN FRAIS DI SMKN 52 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran karena dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dan mempermudah akses terhadap materi pelajaran. Pemilihan media video dalam media pembelajaran dapat memberikan berbagai manfaat bagi para siswa, seperti membantu memperkuat konsep yang telah dipelajari, menyediakan contoh visual yang menarik, dan membantu meningkatkan motivasi siswa. Pengembangan media video tutorial untuk pembuatan roda gigi lurus pada mata pelajaran Teknik pemesinan frais di SMKN 52 Jakarta ini, menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil uji kelayakan media pembelajaran melalui video tutorial mendapatkan hasil “Sangat Layak” dari validator ahli materi, validator ahli media, validator desain instruksional dan dari hasil uji coba siswa. Dari hasil pengujian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran melalui video tutorial pembuatan roda gigi lurus pada mata pelajaran Teknik pemesinan frais “Sangat Layak” digunakan untuk kegiatan pembelajaran. ***** Learning media is one of the important factors in improving the effectiveness of learning as it can help increase student engagement and facilitate access to course materials. The selection of video media in learning media can provide various benefits for students, such as helping to reinforce learned concepts, providing interesting visual examples, and enhancing student motivation. The development of video tutorial media for the production of straight gears in the subject of milling machining techniques at SMKN 52 Jakarta uses the Research and Development (R&D) research method with the ADDIE development model. The results of the feasibility test of learning media through video tutorials obtained a "Highly Feasible" rating from expert material validators, expert media validators, instructional design validators, and from student trial results. From the test results, it can be concluded that the learning media through video tutorials for the production of straight gears in the subject of milling machining techniques is "Highly Feasible" for use in learning activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Agus Dudung, M.Pd. ; 2). Drs. Sugeng Priyanto, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 18545 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2023 01:46
Last Modified: 22 Aug 2023 01:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39248

Actions (login required)

View Item View Item