Komodifikasi Intimasi Fans Idol dalam Industri Budaya Populer K-Pop (Studi Kasus ARMY Indonesia Pengguna Weverse)

ANISAH ZAHRA LABIBAH, . (2023) Komodifikasi Intimasi Fans Idol dalam Industri Budaya Populer K-Pop (Studi Kasus ARMY Indonesia Pengguna Weverse). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (319kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana perusahaan hiburan dalam industri K-Pop mengkomodifikasikan intimasi dengan cara memediasi hubungan antara idol dan penggemar dan mengambil keuntungan dari hal tersebut. Selain itu penelitian ini juga bertujuan melihat peran media digital dalam intimasi tersebut dan dampak sosial dari intimasi tersebut terhadap penggemar idol K-Pop terutama penggemar internasional. Penelitian ini dibuat menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada pengguna aktif platform media digital Weverse dengan 6 orang informan yang tergabung dalam komunitas ARMY. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hybe Corporation memediasi interaksi antara BTS dan ARMY melalui berbagai cara, mulai dari terlibat dalam produksi musik dan konten, memanajemen citra publik BTS hingga menyediakan Weverse.io sebagai ruang komunitas dan tempat dimana BTS dan ARMY dapat berinteraksi dan membangun intimasi. ARMY memaknai ruang komunitas tersebut sebagai “rumah” karena terdapat rasa ketergantungan dan pemenuhan identitas dari koneksi personal dalam “rumah” tersebut. Hybe Corporation kemudian mendapatkan keuntungan dari dukungan yang diberikan ARMY untuk mengapresiasi “rumah” tersebut, baik berupa keuntungan finansial maupun fandom dengan jumlah dan loyalitas yang besar. Dampak sosial yang dirasakan ARMY dari “rumah” tersebut adalah ikatan sosial baru dengan teman-teman fandom lainnya meskipun adapula ARMY yang merasakan kelonggaran dalam ikatan sosial di dunia nyata. *********** This research aim to examine how entertainment companies in K-Pop industry commodified intimacy by mediating the relationship between idol and fans and capitalizing it Additionally, this research aims to investigate the role of digital media in facilitating idol and fans interaction and the social impact it have on K-Pop idol fans, especially international fans. This research used a qualitative approach using a case study as methodology. This research has 6 informants consisting of 6 ARMY who actively use Weverse platform. This research found that Hybe Corporation mediates the interaction by being invloved in music and content production, managing BTS’s public images, and providing Weverse.io as a community spaces and places where BTS and ARMY can interacted and build intimacy. ARMY perceives this community spaces as their”home”due to the sense of dependency and identity fullfilment derived from personal connections. Hybe Corporation then, gains benefits from the support given by ARMY as a appreciation for the “home”, such as financial capital and a large number and loyalty of fandom. ARMY gets social connection and friends from the fandom, even though some of them experienced not so tight social connection in real life

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Meila Riskia Fitri, MA ; 2). Dr. Robertus Robet, MA
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 18594 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:50
Last Modified: 24 Aug 2023 02:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39310

Actions (login required)

View Item View Item