PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA DIGITAL BERBASIS STEM-PjBL TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

RICKA TESI MUSKANIA, . (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA DIGITAL BERBASIS STEM-PjBL TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas produk BAJARDI (bahan ajar IPA digital) berbasis STEM (Science Technology, Engineering, and Mathematics) PjBL (Project Based Learning) terintegrasi kearifan lokal terhadap literasi sains peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey yang terdiri dari 10 langkah. Analisis kebutuhan dikumpulkan dari 76 peserta didik kelas IV dan 100 guru Sekolah Dasar. Kelayakan bahan ajar divalidasi 19 validator. Uji one to one dilaksanakan pada 10 peserta didik yang berasal dari 6 Sekolah Dasar. Uji coba dilakukan dengan desain preeksperimen pada kelas IV SDN 34 Pontianak Selatan dengan jumlah sampel 33 peserta didik, dan eksperimen semu pada dua kelas (kontrol-eksperimen) dengan pretest-posttest control group design di SDN 71 Pontianak Barat dengan jumlah sampel kelas kontrol 28 dan kelas eksperimen 30 peserta didik. Diseminasi produk skala nasional yang dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh 219 guru seluruh Indonesia. Kelayakan BAJARDI sebesar 4.73 dengan PoA 92.95% untuk aspek isi/materi, 4.70 dengan PoA 92.50% untuk aspek bahasa, 4.78 dengan PoA 94.02% untuk aspek penyajian, dan 4.73 dengan PoA 92.56% untuk aspek kegrafikaan. Semua aspek ini menunjukkan bahwa BAJARDI berada pada kategori sangat layak. Uji one to one menunjukkan persentase keterbacaan sebesar 99.37% dengan kategori sangat terbaca. Uji empiris instrumen soal literasi sains menunjukkan bahwa instrumen valid dan reliabel. Tingkat kesukaran dari sangat mudah hingga sukar, sedangkan daya pembeda 5 item berada pada kategori cukup, 4 item berada pada kategori baik dan 1 item pada kategori baik sekali. Analisis prasyarat terpenuhi untuk uji normalitas > 0.05 dan uji homogenitas sebesar 0.27 > 0.05. Hasil analisis data literasi sains pada uji coba terbatas menunjukkan bahwa penggunaan BAJARDI dapat meningkatkan literasi sains dengan N-gain 0.34 pada kategori sedang. Pada uji coba lapangan menunjukkan bahwa N-Gain kelas kontrol 0.03 berada pada kategori rendah, sedangkan untuk kelas eksperimen N-Gain sebesar 0.37 berada pada kategori sedang. Hasil uji efektivitas menggunakan uji independent sample t-test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan BAJARDI STEM-PjBL terintegrasi kearifan lokal dengan kelas yang tidak menggunakan BAJARDI. Berdasarkan data ini dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak dan efektif meningkatkan literasi sains peserta didik sekolah dasar. ABTRACT The aim of this study is to determine the validity and effectiveness of the products BAJARDI (digital science teaching materials) based on STEM (science, technology, engineering, and mathematics) and PjBL (project-based learning) integrated local intelligence for the science literacy of students in Grade IV Elementary School. The study is based on the Dick and Carey model of 10 steps. The needs analysis was collected from 76 students in class IV and 100 primary school teachers. Certificate of validation from 19 validators. A one-to-one test was carried out on 10 students from six elementary schools. The trial was conducted with a pre-experimental design in class IV, SDN 34 South Pontianak, with a total sample of 33 pupils, and a semu experiment in two classes (control experiment) with a pretest-posttest control group design in SDN 71 West Pontianka with a total sample of 28 control and 30 experimental pupils. National-scale product dissemination was carried out online and attended by 219 teachers across Indonesia. A BAJARDI rating of 4.73 with a POA of 92.95% for the content/material aspect; 4.70 with a POA of 92.50% for the language aspect; 4,78 with a POA of 94.02% for the presentation aspect; and 4.73 with a POA of 92,56% for the performance aspect. All these aspects indicate that BAJARDI is in a very decent category. The one-to-one test showed a 99.37% readability percentage with a highly readable category. Empirical testing of instruments on scientific literacy shows that instruments are valid and reliable. The level of difficulty ranges from very easy to difficult, while the differentiator of 5 items is in the category sufficient, 4 items are in the good category, and 1 item is in the very good category. The prerequisite analysis was met for the normality test >0.05 and the homogenity test 0.27 > 0.05. The results of the analysis of science literacy data from limited trials showed that the use of BAJARDI could increase science literature by N-gain 0.34 in the medium category. In the field trials, it was shown that the N-Gain control class of 0.03 was in the low category, while the experimental class of N-Gain of 0.37 was in the middle category. The results of the effectiveness test using the independent sample t-test have a known sig. (2-tailed) value of 0.00>0.05, which means there is a significant difference between the average learning outcomes of students in the class using BAJARDI STEM-PjBL integrated local intelligence and the class that does not use BAJARDI. Based on this data, it can be concluded that the developed products are worthy and effectively improve the science literacy of elementary school students.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Arifin Maksum, M.Pd. 2) Prof. Dr. I Made Astra, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 19036 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2023 04:30
Last Modified: 25 Aug 2023 04:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/39793

Actions (login required)

View Item View Item