Hubungan Antara Pengelolaan Sistem Moving Class Dan Tingkat Kedisiplinan Siswa Dengan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI Teknik Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 55 Jakarta

Muhammad Fajar Insan, . (2018) Hubungan Antara Pengelolaan Sistem Moving Class Dan Tingkat Kedisiplinan Siswa Dengan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI Teknik Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 55 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Muhammad Fajar Insan_5115131469_Proposal Skripsi_SIAP DI WISUDA UNTUK MARET_BISMILLAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara pengelolaan sistem moving class dan tingkat kedisiplinan dengan hasil belajar. Dilakukan di SMK Negeri 55 Jakarta menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 55 Jakarta dengan populasi terjangkau adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik sebanyak 92 siswa. Sampel diambil dari keseluruhan populasi (sampel = populasi). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto karena meneliti hubungan sebab-akibat yang tidak dimanipulasi atau diberikan perlakuan khusus oleh peneliti. Fakta dalam penelitian ini diungkapkan apa adanya dari data yang terkumpul. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Setelah data normal dan linier, langkah selanjutnya yaitu uji hipotesis, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil temuan di lapangan, pengelolaan sistem moving class dan tingkat kedisiplinan dengan hasil belajar instalasi penerangan listrik memiliki hubungan yang signifikan atau positif. Dengan kata lain, semakin sering melakukan moving class maka semakin meningkat hasil belajar siswa, semakin tinggi tingkat kedisiplinan maka semakin meningkat pula hasil belajar siswa dan semakin baik pengelolaan sistem moving class dan tingkat kedisiplinan siswa, maka hasil belajar akan didapatkan secara optimal. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa : (1) Pengelolaan sistem Moving Class dengan hasil belajar memiliki hubungan positif di tingkat kontribusi sebesar 17,78%. (2) Tingkat kedisiplinan siswa dengan hasil belajar memiliki hubungan positif di tingkat kontribusi sebesar 30,17%. (3) Pengelolaan sistem moving class dan tingkat kedisiplinan siswa dengan hasil belajar memiliki hubungan positif di tingkat kontribusi sebesar 17%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Daryanto, M.T 2) Dra. Ermi Media’s, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 22 Oct 2019 10:37
Last Modified: 22 Oct 2019 10:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item View Item