ANALISIS QUALITY OF SERVICE JARINGAN INTERNET MENGGUNAKAN APLIKASI WIRESHARK DI PT. MITRAMUDA KREASI GROUP

MUTIARA ZANKY, . (2023) ANALISIS QUALITY OF SERVICE JARINGAN INTERNET MENGGUNAKAN APLIKASI WIRESHARK DI PT. MITRAMUDA KREASI GROUP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan akan akses dan komunikasi Internet yang bertambah banyak, maka kinerja jaringan harus berada pada kondisi yang baik agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan. Salah satunya adalah dengan memperhitungkan Quality of Service (QoS). QoS adalah sebuah mekanisme pada jaringan yang menentukan bahwa aplikasi atau layanan dapat beroperasi sesuai dengan standar kualitas layanan yang telah ditetapkan. Menurut standar TIPHON, QoS memiliki parameter yang terdiri dari throughput, packet loss, delay/latency, dan jitter. Saat ini PT Mitramuda Kreasi Group memiliki jaringan Internet yang seringkali mengalami gangguan dan koneksi yang kurang stabil. Untuk itu perlu dilakukan analisis QoS pada jaringan Internet menggunakan aplikasi Wireshark di PT Mitramuda Kreasi Group. Hasil dari pengukuran QoS dengan penggunaan tiga layanan website berdasarkan perbandingan standar TIPHON adalah nilai throughput memiliki indeks 1 dengan kategori “Jelek” yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 524 Kb/s (20%). Nilai packet loss memiliki indeks 4 dengan kategori “Sangat Bagus” yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 0,21%. Nilai delay memiliki indeks 4 dengan kategori “Sangat Bagus” yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 19,5 ms. Nilai jitter memiliki indeks 3 dengan kategori “Bagus” yaitu dengan nilai rata-rata sebesar 19,5 ms. Kata Kunci: Quality of Service (QoS), Wireshark, Throughput, Packet Loss, Delay, Jitter The need for Internet access and communication is increasing, so network performance must be in good condition in order to provide satisfactory service. One way is to take into account the Quality of Service (QoS). QoS is a mechanism on a network that determines that an application or service can operate according to predetermined quality of service standards. According to the TIPHON standard, QoS has parameters consisting of throughput, packet loss, delay, and jitter. Currently PT Mitramuda Kreasi Group has an Internet network that often experiences interruptions and an unstable connection. For this reason, it is necessary to carry out a QoS analysis on the Internet network using the Wireshark application at PT Mitramuda Kreasi Group. The results of QoS measurements using three website services based on the TIPHON comparison standard are throughput values that have an index of 1 in the "Bad" category, with an average value of 524 Kb/s (20%). The packet loss value has an index of 4 with the "Very Good" category, with an average value of 0.21%. The delay value has an index of 4 with the "Very Good" category, with an average value of 19.5 ms. The jitter value has an index of 3 with the "Good" category, with an average value of 19.5 ms.. Keyword: Quality of Service (QoS), Wireshark, Throughput, Packet Loss, Delay, Jitter

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lipur Sugiyanta, Ph.D. ; 2). Ali Idrus, M.Kom.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 19338 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:04
Last Modified: 17 Jan 2024 03:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40417

Actions (login required)

View Item View Item