PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, MOTIVASI BELAJAR, DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMKN 25 JAKARTA

NADILA NUR LATIFAH, . (2023) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, MOTIVASI BELAJAR, DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SMKN 25 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial, motivasi belajar, dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu siswa kelas X dan XI di SMKN 25 Jakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 188 responden dari siswa yang pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling dengan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan perangkat lunak Smart PLS 4.0 dengan metode SEM-PLS. Dalam penelitian ini mengidentifikasi pengaruh variabel independen dan dependen baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan menghasilkan bahwa: (1) Intensitas Penggunaan Media Sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Prokrastinasi Akademik, (2) Motivasi Belajar berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap Prokrastinasi Akademik, (3) Manajemen Waktu berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap Prokrastinasi Akademik, dan (4) Intensitas Penggunaan Media Sosial, Motivasi Belajar, dan Manajemen Waktu berpengaruh secara simultan terhadap Prokrastinasi Akademik. Kata kunci: intensitas penggunaan media sosial, motivasi belajar, manajemen waktu, prokrastinasi akademik *** This study is a quantitative-research aimed at determining the influence of social media usage intensity, learning motivation, and time management on academic procrastination. The research targets students from 10th and 11th grade at SMKN 25 Jakarta. The sample consists of 188 respondents selected using proportional random sampling with the Slovin formula. Smart PLS 4.0 software and the SEM-PLS method are utilized for data analysis. The primary objective of this research is to identify the influence of independent and dependent variables, both individually and collectively. The results of the hypothesis testing indicate that: (1) Intensity of Social Media Usage has a positive and significant effect on Academic Procrastination, (2) Learning Motivation has a negative and significant effect on Academic Procrastination, (3) Time Management has a negative and significant effect on Academic Procrastination, and (4) Intensity of Social Media Usage, Learning Motivation, and Time Management collectively have a significant effect on Academic Procrastination. Keywords: social media usage intensity, learning motivation, time management, academic procrastination.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Corry Yohana, M.M. ; 2). Annisa Lutfia, S.Pd.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 18596 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2023 01:51
Last Modified: 01 Sep 2023 01:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40616

Actions (login required)

View Item View Item