PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMKN 49 JAKARTA

YASMIN FATHIYA AZ ZAHRA, . (2023) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMKN 49 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (916kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar yang di dapat siswa mampu memberi nilai tambah dan motivasi ketika siswa telah menyelesaikan tahapan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kebiasaan Belajar, Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Kognitf Pada Siswa Kelas XI SMK N 49 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 49 Jakarta berjumlah 191 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified sampling dengan rumus Slovin dengan akurasi tingkat kesulitan 5% sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 132 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan SEM PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Squares) yang dihitung menggunakan software SmartPLS 4.0. Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis model pengukuran, analisis model struktural, dan pengujian hipotesis pengaruh langsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara Kebiasaan Belajar, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMKN 49 Jakarta. Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar *** The learning outcomes obtained by students are able to provide added value and motivation when students have completed the learning stages. The purpose of this study was to determine The Influence of Study Habits, Learning Facilities, Family Environment on Cognitive Learning Outcomes in The Second Year Students of SMK Negeri 49 Jakarta. The research method used in this study is a survey method with a quantitative approach. The population in this study were 191 students at SMK Negeri 49 Jakarta. The sampling technique used a proportionate stratified sampling technique with the Slovin formula with an accuracy of 5% difficulty level so that the sample in this study totaled 132 students. The data analysis technique used in this study uses SEM PLS (Structural Equation Modeling - Partial Least Squares) which is calculated using SmartPLS 4.0 software. Then the data analysis techniques used in this study consisted of measurement model analysis, structural model analysis, and direct effect hypothesis testing. The results of this study are that there is a positive and significant direct effect jointly between Study Habits, Learning Facilities, Family Environment on Cognitive Learning Outcomes Student Class XI SMKN 49 Jakarta. Keywords: Study Habits, Learning Facilities, Family Environment, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marsofiyati, S.Pd., M.Pd, ; 2). Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 19588 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2023 05:19
Last Modified: 04 Sep 2023 05:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/40763

Actions (login required)

View Item View Item