PENGEMBANGAN BOARD GAME PENJUMALAHAN DAN PENGURANGAN (JURA) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

LAELA YUSTIKA, . (2023) PENGEMBANGAN BOARD GAME PENJUMALAHAN DAN PENGURANGAN (JURA) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (869kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa permainan board game dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan board game penjumlahan dan pengurangan (JURA) untuk Siswa kelas 1 di SDN Teluk Pucung V Kota Bekasi. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengikuti prosedur model ADDIE, yakni 1) Analisis 2) Desain 3) Pengembangan 4) Implementasi dan 5) Evaluasi. Evaluasi yang dilakukan ialah expert review dan uji coba pengguna one to one, small group, dan field test. Tahap expert review melibatkan 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Nilai yang diperoleh dari expert review sebesar 3,55. Tahap one to one dilakukan kepada 2 orang siswa. Nilai yang sebesar 90 dengan prosentase 100%. Kemudian untuk hasil angket nilai yang diperoleh sebesar 9,5. Tahap small group dilakukan kepada 5 orang siswa. Nilai yang diperoleh sebesar 86 dengan prosentase 100%. Kemudian untuk hasil angket nilai yang diperoleh sebesar 9,5. Tahap terakhir adalah field test, permainan ini diuji cobakan kepada 20 orang siswa. Nilai yang diperoleh pada tahap field test sebesar 84,5 dengan prosentase 100%. Kemudian untuk hasil angket nilai yang diperoleh sebesar 8,75. Dari hasil keseluruhan tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan board game penjumlahan dan pengurangan (JURA) kelas I Sekolah Dasar dikatakan sangat baik. ***** This development research aims to produce learning media products in the form of board games and to determine the effectiveness of using addition and subtraction board games (JURA) for grade 1 students at SDN Teluk Pucung V Bekasi City. This development research is carried out by following the ADDIE model procedure, namely 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation and 5) Evaluation. The evaluation carried out is expert review and user trials one to one, small group, and field test. The expert review stage involves 1 material expert and 1 media expert. The value obtained from the expert review is 3.55. One to one stage is carried out to 2 students. The value is 90 with a percentage of 100%. Then for the results of the questionnaire, the value obtained was 9.5. The small group stage was carried out to 5 students. The value obtained is 86 with a percentage of 100%. Then for the results of the questionnaire, the value obtained was 9.5. The last stage is a field test, this game is tested on 20 students. The value obtained at the field test stage was 84.5 with a percentage of 100%. Then for the results of the questionnaire, the value obtained was 8.75. From these overall results, it can be concluded that the addition and subtraction board game (JURA) of grade I Elementary School is said to be very good.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. ; 2). Dr. Cecep Kustandi, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 19223 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2023 00:18
Last Modified: 11 Sep 2023 00:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41165

Actions (login required)

View Item View Item