PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEBSITE DESMOS DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA TOPIK PLSV UNTUK MENUMBUHKAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 179 JAKARTA

RATNA MARYAM, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEBSITE DESMOS DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA TOPIK PLSV UNTUK MENUMBUHKAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 179 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena numerasi dan kecakapan teknologi merupakan kemampuan yang sangat diperlukan di seluruh aspek kehidupan. Penelitian pengembangan ini terdiri atas penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan, dan evaluasi produk. Temuan dalam penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa guru menghadapi kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran numerasi dan dalam memanfaatkan teknologi secara optimal dalam pembelajaran matematika. Perencanaan dilakukan melalui kajian literatur untuk mendapatkan dasar konsep media pembelajaran terkait pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, dimensi pembelajaran numerasi, konsep persamaan linear satu variabel, dan peran teknologi digital dalam pembelajaran matematika. Konsep dasar media pembelajaran digunakan sebagai acuan dalam pengembangan produk awal. Uji validitas materi dan bahasa menunjukkan bahwa aspek kurikulum, aspek pendekatan PMRI, aspek dimensi numerasi, aspek peran teknologi dalam pembelajaran matematika, serta aspek bahasa pada media pembelajaran yang dihasilkan sudah sesuai dengan konsep yang berlaku. Uji validitas media menunjukkan bahwa aspek tampilan, aspek navigasi, dan aspek interaktivitas pada media pembelajaran yang dihasilkan sudah sesuai dengan konsep yang berlaku. Skor pada Uji Coba Kelompok Besar menunjukkan bahwa aspek materi (70,83%), aspek bahasa (70,57%), aspek tampilan (74,48%), aspek navigasi (73,63%), dan aspek interaktivitas (72,07%) pada media pembelajaran yang dikembangkan masuk dalam kategori baik dan sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran numerasi di tingkat Sekolah Menengah Pertama. ***** This development research was carried out because numeracy and technological skills are needed in all aspects of life. This development research consists of preliminary research, planning, development, and product evaluation. The findings in the preliminary research show that teachers face difficulties in developing numeracy learning and in making optimal use of technology in mathematics learning. Product development planning is carried out through a literature review to obtain the basic concepts of learning media related to the Indonesian Realistic Mathematics Education approach, the dimensions of numeracy learning, the concept of one-variable linear equations, and the role of digital technology in mathematics learning. The basic concept of learning media is used as a reference in the development of initial product. Validity test of the aspects of material and language show that aspects of the curriculum, the PMRI approach, the dimensions of numeracy, the role of technology in mathematics learning, as well as aspects of language in the product of learning media are in accordance with the relevant concepts. Validity test of the aspects of media shows that the display, the navigation, and the interactivity on the product of learning media are in accordance with the relevant concepts. Scores on the Large Group Practicality Test showed that the aspects of material (70.83%), language (70.57%), display (74.48%), navigation (73.63%), and interactivity (72, 07%) in the learning media developed are in the good category and are suitable for use in numeracy learning at the secondary school level.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Makmuri, M.Si. ; 2). Dr. Meiliasari, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 20229 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2023 11:46
Last Modified: 17 Sep 2023 11:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41435

Actions (login required)

View Item View Item