NEFAORIN ATARA SAYYIDINA, . (2023) PENGARUH PENGELUARAN PEMERINTAH SEKTOR PENDIDIKAN, INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI KAWASAN TIMUR INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (703kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (531kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (595kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penegeluaran pemerintah sektor pendidikan, indeks pembangunan manusia, dan pertumbuhan ekonomi terhadap tingkat kemiskinan di Kawasan Timur Indonesia (KTI). Metode penelitian artikel ini adalah metode kuantitatif dengan teknis analisis regresi liniear berganda. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui badan pusat statistik dalam bentuk data panel dari 13 provinsi di Kawasan Timur Indonesia. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) pengeluaran pemerintah sektor pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan; (2) indeks pembangunan manusia berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan; (3) pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah subsidi langsung atau subsidi individu yang bersumber dari pengeluaran pemerintah dalam sektor pendidikan perlu ditargetkan pada rumah tangga berpendapatan rendah. Selain itu, pengeluaran langsung pemerintah terhadap pelayanan publik dan infrastruktur, terutama pada sektor kesejahteraan, kesehatan dan pendidikan, yang diutamakan untuk rumah tangga berpendapatan rendah agar dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia. Hal tersebut adalah mekanisme transmisi investasi publik yang merupakan salah satu usaha pemerintah untuk mengiring kondisi perekonomian terhadap angka kemiskinan dan pemerataan distribusi pendapatan. Dengan demikian akan menekan tingkat kemiskinan di Kawasan Timur Indonesia. *** This study aims to determine the effect of government expenditure in the education sector, human development index, and economic growth on poverty rates in Eastern Indonesia. The research method of this article is quantitative, with multiple linear regression analysis techniques. The data used in this study is secondary data obtained through the central statistics agency in the form of panel data from 13 provinces in Eastern Indonesia. The results stated that (1) government spending in the education sector did not have a significant effect on Poverty;(2) the human development index has a negative and significant effect on Poverty; (3) economic growth has a negative and significant effect on Poverty. The results of this study imply that direct subsidies or individual subsidies sourced from government spending in the education sector need to be targeted at low-income households. In addition, direct government spending on public services and infrastructure, especially in the welfare, health, and education sectors, is prioritized for low-income households to improve the human development index. This public investment transmission mechanism is one of the Government's efforts to accompany economic conditions towards Poverty and equal income distribution. Thus, it will reduce the poverty rate in Eastern Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dicky Iranto, SE., M.SE ; 2). Dr. Suparno, S.Pd., M.Pd |
Subjects: | Ilmu Sosial > Patologi Sosial dan Kesejahteraan Sosial |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 19166 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 02:05 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 02:05 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/41487 |
Actions (login required)
View Item |