INTERAKTIF DIGITAL MODUL ENERGI TERBARUKAN (IDM-ET) BERBASIS STEM MENGGUNAKAN RASCH MODEL UNTUK MENINGKATKAN STUDENT SUSTAINABILITY COMPETENCIES

DEFA NURCAHYANI, . (2023) INTERAKTIF DIGITAL MODUL ENERGI TERBARUKAN (IDM-ET) BERBASIS STEM MENGGUNAKAN RASCH MODEL UNTUK MENINGKATKAN STUDENT SUSTAINABILITY COMPETENCIES. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (322kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tantangan yang besar dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dapat diminimalisir dengan mewujudkan kedua tujuannya yang terkait pendidikan dan energi terbarukan dengan peran SSC pada energi terbarukan melalui media yang memanfaatkan teknologi yaitu interaktif digital modul berbasis STEM. Berdasarkan analisis kebutuhan siswa, sebanyak 79% siswa membutuhkan modul pembelajaran digital interaktif yang dapat membantu dalam memahami materi fisika dan sebanyak 69% siswa mendapatkan skor SSC yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan IDM-ET berbasis STEM untuk meningkatkan SSC. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dan menggunakan 30 siswa kelas X SMA sebagai kelompok eksperimen. Setelah produk dan instrumen melalui uji reliabilitas oleh siswa menggunakan rasch model, diperoleh hasil bahwa produk dan instrumen yang dikembangkan reliabel untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan SSC dari skor post-test yang meningkat lebih tinggi dibandingkan dengan skor pre-test dan dengan skor N-Gain sebesar 0,75 pada kategori tinggi. Demikian itu, dapat disimpulkan bahwa IDM-ET berbasis STEM dinyatakan dapat dipercaya untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika yang dapat meningkatkan SSC. ***** The big challenges in achieving sustainable development goals can be minimized by realizing the two goals related to education and renewable energy with the role of SSC in renewable energy through media that utilize technology, namely interactive digital modules STEM-based. Based on the analysis of students' needs, as many as 79% of students needed interactive digital learning modules that could help them understand physics material and as many as 69% of students got low SSC scores. The aim of this research is to produce a STEM-based IDM-ET to improve SSC. This study used the Research & Development (R&D) method with the ADDIE development model and used 30 high school class X students as the experimental group. After the products and instruments were tested for reliability by students using the rasch model, the result was that the products and instruments developed were reliable for use. The results showed that there was an increase in SSC from the post-test scores which increased higher than the pre-test scores and with an N-gain score of 0.75 in the high category. Thus, it can be concluded that STEM-based IDM-ET can be trusted to be used as a physics learning medium that can improve SSC.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Firmanul Catur Wibowo, M.Pd. ; 2). Dr. Hadi Nasbey, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 19552 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2023 00:19
Last Modified: 12 Sep 2023 00:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42173

Actions (login required)

View Item View Item