PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL VIFO (VIRTUAL FOOD SIMULATION) BERBASIS POWER POINT PADA MATERI UJI MAKANAN

MUHAMMAD BAYU RIFQI, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM VIRTUAL VIFO (VIRTUAL FOOD SIMULATION) BERBASIS POWER POINT PADA MATERI UJI MAKANAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi semakin merambah ke ranah kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Salah satu wujud teknologi dalam pendidikan adalah laboratorium virtual. Laboratorium virtual merupakan salah satu sarana pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi sebagai bagian dari proses akuisisi keterampilan praktis. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran laboratorium virtual VIFO sebagai media pembelajaran biologi yang layak. VIFO merupakan sebuah media pembelajaran laboratorium virtual berbasis Power Point yang dilengkapi dengan fitur panduan penggunaan, materi zat makanan, simulasi praktikum, dan lembar kerja peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RND) dengan tahapan sesuai model Hannafin and Peck. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juli 2023. Subjek penelitian meliputi validator ahli (media, materi, bahasa), guru biologi, 29 peserta didik kelas XII MIPA. Hasil rata-rata uji kelayakan ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa adalah 88,5% dengan kategori sangat layak, hasil uji penggunaan media oleh guru biologi adalah 100% dengan kategori sangat baik, dan hasil uji lapangan oleh peserta didik adalah 88,8% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran VIFO sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan peserta didik memberikan kesan positif terhadap media. ***** Information and communication technology is increasingly penetrating the realm of human life, including education. One form of technology in education is a virtual laboratory. Virtual laboratory is one of the learning facilities based on information and communication technology as part of the practical skill acquisition process. The purpose of this research is to develop VIFO virtual laboratory learning media as a viable biology learning media. VIFO is a Power-Point-based virtual laboratory learning media equipped with usage guide features, food substance materials, practicum simulations, and student worksheets. This research uses the Research and Development (RND) method with stages according to the Hannafin and Peck model. This research will be conducted from April to July 2023. The subjects of the study included expert validators (media, materials, languages), biology teachers, 29 students of class XII MIPA. The average feasibility test results of media experts, material experts, and linguists are 88.5% with very decent categories, the results of media use tests by biology teachers are 100% with very good categories, and field test results by students are 88.8% with very good categories. The conclusion of this study shows that VIFO learning media is very feasible to be used as a learning medium and students give a positive impression of the media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si. ; 2). Dra. Ratna Dewi Wulaningsih, M.Si.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 20574 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2023 23:28
Last Modified: 18 Sep 2023 23:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42232

Actions (login required)

View Item View Item