PENGEMBANGAN E-LKPD PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA DI SEKOLAH INDONESIA DAVAO PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

PERALIHAN PERTIWI IDEA GOESVITA, . (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA DI SEKOLAH INDONESIA DAVAO PADA MATERI BIOTEKNOLOGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

PERALIHAN PERTIWI IDEA GOESVITA. Pengembangan E-LKPD Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Bioteknologi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Dibawah bimbingan Dr. Supriyatin, M.Si dan Annisa Wulan Agus Utami, S.Si., M.Si Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang diperlukan untuk memecahkan masalah atau mengambil keputusan. Diperlukan strategi salah satunya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Guna memaksimalkan pembelajaran berbasis malasalah (PBL) diperlukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-LKPD Problem Based Learning (PBL) guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Bioteknologi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Hannafin and Peck (1988) yang terdiri dari 3 tahapan yakni needs assessment, design, dan develop/implement. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan yaitu berupa tes objektif pilihan ganda dengan mengumpulkan data pre-test dan post-test. Skor hasil pre-testt serta posttest diuji normalitas dengan uji kolmogorov-smirnov serta diuji coba mengunakan uji t sampel berpasangan (Paired Sampled t-Test) guna mengetahui efektivitas produk dengan menggunakan Gain Ternormalisasi (Normalized Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD PBL telah berhasil dikembangkan menjadi sebuah media pembelajaran melalui proses penelitian dan pengembangan berdasarkan hasil asesmen kebutuhan peserta didik dan guru di Sekolah Indonesia Davao. Media ini mendapatkan penilaian dengan interpretasi layak untuk digunakan sebagai media penunjang pembelajaran khususnya pada materi bioteknologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci: E-LKPD, Problem Based Learning (PBL), kemampuan berpikir kritis, materi bioteknologi ************ PERALIHAN PERTIWI IDEA GOESVITA. Development of E-LKPD Problem-Based Learning (PBL) to Improve Critical Thinking Skills in Biotechnology Materials. Mini Thesis, Biology Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Jakarta. Guided by Dr. Supriyatin, M.Si dan Annisa Wulan Agus Utami, S.Si., M.Si Critical thinking skills are needed to solve problems or make decisions. One strategy is by using a problem-based learning approach (Problem-Based Learning). In order to maximize problem-based learning (PBL), a Student Worksheet (LKPD) is needed. This research aims to develop E-LKPD Problem Based Learning (PBL) to improve Critical Thinking Skills in Biotechnology Materials. This study uses the Hannafin and Peck (1988) development model, which consists of 3 stages: need assessment, design, and development/implementation. The data collection technique used multiple choice objective tests by collecting pre-test and posttest data. The results of the pre-testt and post-test were tested for normality with the Kolmogorov-Smirnov test and tested using the Paired Sampled t-Test to determine product effectiveness using Normalized Gain. The results of the study show that the PBL E-LKPD has been successfully developed into a learning medium through a research and development process based on the results of an assessment of students and teachers at the Davao Indonesian School. This media gets an assessment with a proper interpretation to be used as a learning support medium, especially in biotechnology material to improve students' thinking skills. Keyword: E-LKPD, Problem Based Learning (PBL), critical thinking skills, biotechnology material

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Supriyatin, M.Si. ; 2). Annisa Wulan Agus Utami, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 20715 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2023 02:32
Last Modified: 25 Sep 2023 02:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/42517

Actions (login required)

View Item View Item