PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (STUDY EX POST FACTO DI TK YASRI, JAKARTA PUSAT)

NANIRAH TOHIR, . (2020) PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU MORAL ANAK USIA 5-6 TAHUN (STUDY EX POST FACTO DI TK YASRI, JAKARTA PUSAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf

Download (669kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (718kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang pengaruh interaksi teman sebaya terhadap perilaku moral anak usia 5-6 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan sampling kuota. Sampel penelitian berjumlah 30 anak usia 5-6 tahun. Pengumpulan data menggunakan observasi dan dianalisis menggunakan Uji Validitas dan Uji-t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t menghasilkan thitung= 4,56 > ttabel= 2,16 yang menunjukkan bahwa interaksi teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku moral anak usia 5-6 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah interaksi teman sebaya secara intensitas dapat memberikan kontribusi yang baik pada perilaku moral anak seperti anak belajar menghormarti orang lain, berkata jujur, memiliki sikap sabar, bertanggung jawab, membiasakan diri mengucapkan kata tolong, terima kasih, maaf, dan sebagainya maupun perilaku yang buruk seperti anak tidak berani berkata jujur, bersikap tidak sopan kepada orang lain, bermusuhan, dan sebagainya yang dapat dilakukan anak di lingkungan sekitarnya. The purpose of this study was to obtain empirical data about the influence of peer interaction on children’s moral behavior aged 5-6 years. The sampling technique used non probability sampling with quota sampling. The research sample consisted of 30 children aged 5-6 years. Data collection used observation and was analyzed using Validity Test and T-Test. Based on the results of hypothesis testing that has been done using t-test shows tcount= 4,56 > ttable= 2,16 that peer interaction affected the moral behavior of children aged 5-6 years. Thus, peer interaction has an important role in children’s behavior. The implication of the results of this study is the intensity of peer interactions can make a good contribution to the moral behavior of children such as children learning to respect others, telling the truth, having patience, being responsible, getting used to saying the words of help, thank you, sorry, and so on as well bad behavior such as the child does not dare to be honest, be rude to others, be hostile, and so on that the child can do in the surrounding environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sri Wulan, M.Si. ; 2). Lara Fridani, S.Psi., M.Psych., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 832 not found.
Date Deposited: 27 Mar 2020 18:29
Last Modified: 27 Mar 2020 18:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4337

Actions (login required)

View Item View Item