MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA LIVEWORKSHEET PADA PESERTA DIDIK AUTISME KELAS II (Penelitian Tindakan Kelas SLB C Dian Kusuma Jakarta)

YUFITRIANI, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA LIVEWORKSHEET PADA PESERTA DIDIK AUTISME KELAS II (Penelitian Tindakan Kelas SLB C Dian Kusuma Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MEDIA LIVEWORKSHEET PADA PESERTA DIDIK AUTISME KELAS II (Penelitian Tindakan Kelas SLB C Dian Kusuma Jakarta) Yufitriani ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan bulat dalam pembelajaran Matematika menggunakan Media Liveworksheet pada peserta didik autisme kelas II SLB C Dian Kusuma Jakarta. Peserta didik autisme memiliki gangguan perkembangan yang mengganggu kemampuan berkomunikasi, prilaku dan interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Siklus pertama terdiri dari 8 kali pertemuan dan siklus ke dua terdiri dari 7 kali pertemuan dengan tahapan yang terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal peserta didik berdasarkan hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada pra siklus 47,5 dan terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh setelah diberi tindakan pada siklus I menjadi 62. Peningkatan ini terjadi pada aspek pemahaman tentang langkah-langkah mengerjakan penjumlahan bilangan bulat maksimal hasil 10, namun belum sampai pada langkah terakhir sehingga hasil penjumlahan belum tepat. Setelah diberi tindakan pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata yaitu sebesar 93. Pada siklus II keempat peserta didik dapat menghitung penjumlahan bilangan bulat dengan tepat. Melalui media liveworksheet peserta didik autisme dapat memahami langkah-langkah dalam mengerjakan soal penjumlahan bilangan bulat dengan hasil maksimal 10. Berdasarkan data tersebut dapat dinyatakan bahwa media liveworksheet dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan bilangan bulat dengan hasil maksimal 10 pada peserta didik autisme kelas II di SLB C Dian Kusuma Jakarta. Kata Kunci : Penjumlahan bilangan bulat, Liveworksheet ***** IMPROVE THE CAPABILITY OF ADDING INTEGER NUMBER USING LIVEWORKSHEET MEDIA ON 2ND GRADE OF AUTISM STUDENT IN ELEMENTARY SCHOOL (Class Action Research of SLB C Dian Kusuma Jakarta) Yufitriani ABSTRACT The purpose of this class action research is to improve the capability of adding integer number in math subject by using liveworksheet media on 2nd grade of autism student in SLB C Dian Kusuma Jakarta. Autism student has development disorder that impacted to the capability of communication, behavior, and social interaction. This type of research is Class Action Research (CAR) from Kemmis and Mc. Taggart, by using 2 (two) cycles. The 1st cycle consists of 8 meetings and the 2nd cycle consists of 7 meetings, consisting of planning, action & observation, and also reflection. The data analysis used is qualitative and quantitative data. The result of this research showed that the students' initial abilities were based on the average score obtained in the pre-cycle of 47.5 and there was an increase in the average score obtained after being given action in the first cycle to 62. This improvement occurs in the aspect of understanding the steps for adding integers to a maximum of 10, but has not yet reached the final step so the addition result is not correct. After being given action in cycle II, the average score increased to 93. In cycle II, the four students were able to calculate the addition of whole numbers correctly. Through live worksheet media, autism students can understand the steps in working on adding integer problems with a maximum result of 10. Based on this data, it can be stated that live worksheet media can improve the ability to add integer numbers with a maximum result of 10 on 2nd grade of autism students in SLB C Dian Kusuma Jakarta. Keywords : Adding Integer Number, Liveworksheet

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Suprihatin, M.Ed. Ed.D ; 2).Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 21237 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:39
Last Modified: 25 Jan 2024 05:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43402

Actions (login required)

View Item View Item