PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENGENAI SOCIAL MEDIA CAMPAIGN PADA KARANG TARUNA PANINGGILAN

APRILLIA ANASTASYA ERINA KURNIA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MENGENAI SOCIAL MEDIA CAMPAIGN PADA KARANG TARUNA PANINGGILAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (604kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menghasilkan media video interaktif mengenai social media campaign agar anggota Karang Taruna Paninggilan mengetahui bagaimana cara mempromosikan program di media sosial, (2) Untuk mendapatkan hasil uji kelayakan dari media video interaktif mengenai social media campaign oleh ahli materi dan ahli media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dan untuk model yang digunakan dalam proses pengembangan media video interaktif adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan melalui 6 tahapan. Sumber data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif untuk data pokok dan data kualitatif untuk saran dari responden sebagai data tambahan. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan angket dengan subjek penelitian ini 11 anggota Karang Taruna Paninggilan. Selanjutnya data yang diperoleh sebelumnya dianalisis dengan statistik deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan diketahui bahwa: (1) Pengembangan media video interaktif ini dapat meningkatkan pengetahuan mengenai social media campaign setelah melalui 6 tahapan (konsep, perancangan, pengumpulan bahan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi), (2) Hasil uji kelayakan media video interaktif ini meningkatkan pengetahuan mengenai social media campaign berdasarkan ahli media termasuk ke dalam kategori baik dengan rata-rata skor secara keseluruhan aspek 4,09 dan persentase kualitas media 81,6%. Selain itu, berdasarkan ahli materi termasuk kedalam kategori baik dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 4,08 dan persentase kualitas media 78%. Berdasarkan uji coba dengan responden, media video interaktif ini termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor keseluruhan 4,40 dengan persentase kualitas media 88,5%. Dalam penelitian ini, terdapat perubahan pengetahuan, dari anggota Karang Taruna Paninggilan yang dilihat dari nilai rata-rata pre-test yaitu 52,22 dan nilai rata-rata post-test yaitu 68,27, maka terdapat peningkatan pengetahuan yaitu 30,77%. Berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan responden media video interaktif ini layak digunakan untuk dapat meningkatkan pengetahuan peserta mengenai social media campaign. ***** This research aims to: (1) To produce interactive video media regarding social media campaigns so that Karang Taruna members know how to promote training on social media, (2) To obtain feasibility test results from interactive video media regarding social media campaigns by material experts and media expert. The method used in this research is Research and Development (R&D) and the model used in the interactive video media development process is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) which goes through 6 stages. The data sources collected are quantitative data for main data and qualitative data for suggestions from respondents as additional data. The data collection technique used was the interview and questionnaire method with the subjects of this research, 11 members of the Paninggilan Youth Organization. Furthermore, the previously obtained data was analyzed using qualitative descriptive statistics. The results of research that has been previously carried out are known, namely: (1) The development of interactive video media can increase knowledge about social media campaigns after going through 6 stages (concept, design, collection of materials, creation, testing and distribution), (2) Test results The feasibility of this interactive video media increases knowledge about social media campaigns based on media experts, including it in the good category with an overall average score of 4.09 and a media quality percentage of 81,6%. Apart from that, based on experts the material is included in the good category with an average overall score of 4.08 and a media quality percentage of 78%. Based on trials with respondents, this interactive video media is included in the very good category with an average overall score of 4.40 with a media quality percentage of 88.5%. Based on the assessment of media experts, material experts and respondents, this interactive video media is suitable for use to increase participants' knowledge about social media campaigns.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Anan Sutisna, M.Pd. ; 2). Drs. Sri Koeswantono W, M. Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 21392 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:56
Last Modified: 29 Jan 2024 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43538

Actions (login required)

View Item View Item