FARHAN ARRAAFI SYAHRIAN, . (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN CARA BERWUDHU UNTUK PELAJARAN AGAMA ISLAM DI SDTQ AL-FAQIH BEKASI KELAS I. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (296kB) |
|
Text
ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (320kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf Download (89kB) |
|
Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf Download (62kB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (109kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (299kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (307kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (526kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (237kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (210kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (307kB) |
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai bagaimanakah peningkatan hasil belajar melalui pemanfaatan video pembelajaran cara berwudhu untuk pelajaran agama islam di SDTQ AL-FAQIH kelas I. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI dengan menggunakan pemanfaatan video pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Eksperimen semu dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi segala permasalahan yang muncul yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di kelas. Peneliti menggunakan subyek penelitian berjumlah 16 orang. Metode ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Ketiga tahap tersebut yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran aktif, tanya jawab, dan praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PAI siswa kelas I SDTQ AL-FAQIH melalui penerapan metode eksperimen semu peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus/pertemuan yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil pre-test diketahui bahwa nilai rata-rata adalah 68 dan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mengalami peningkatan 38%. Pada pretest aktivitas siswa di kelas mulai aktif, berani bertanya, dan mulai fokus terhadap penjelasan guru. Sementara, hasil postest pada pelajaran agama Islam diketahui bahwa nilai rata-rata adalah 83 dan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mengalami peningkatan yang maksimal yaitu 88%. Pada tahap postest ini, aktivitas siswa makin meningkat mulai dari diskusi yang aktif, pengerjaan tugas, dan pemahaman terhadap pelajaran berjalan dengan optimal sesuai yang diharapkan. In general, this study aims to describe how to improve learning outcomes through the use of ablution learning videos for Islamic religion lessons in SDTQ AL-FAQIH class I. Specifically, this study aims to determine the increase in PAI learning outcomes by using the use of instructional videos. The method used in this research is quasi-experimental method.Quasi-experimental experiments were carried out in an effort to overcome all the problems that arose related to the teaching and learning process in the classroom. Researchers used research subjects totaling 16 people. This method is carried out in three stages, namely preparation, implementation and follow-up. The three stages are repeated and carried out with the same steps and are focused on active learning, question and answer, and practice. The results showed that the learning outcomes of PAI students in class I SDTQ AL-FAQIH through the application of quasi-experimental improvement methods. This increase can be seen through the cycles / meetings that have been conducted. Based on the pre-test results it is known that the average value is 68 and the Minimum Completeness Criteria (KKM) has increased by 38%. At the pretest the students' activities in class begin to be active, dare to ask questions, and begin to focus on the teacher's explanation. Meanwhile, the results of the posttest in Islamic studies revealed that the average value was 83 and the value of the Minimum Mastery Criteria (KKM) experienced a maximum increase of 88%. At this posttest stage, student activities are increasing starting from active discussion, work assignments, and understanding of the lessons running optimally as expected.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. ; 2). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1064 not found. |
Date Deposited: | 27 Mar 2020 18:31 |
Last Modified: | 27 Mar 2020 18:31 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4373 |
Actions (login required)
View Item |