PENGARUH PENGGUNAAN BUKU DIGITAL PADA MATERI MITIGASI BENCANA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMAN 54 JAKARTA

HAFIZH RAMADHAN DHAARMAWI, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN BUKU DIGITAL PADA MATERI MITIGASI BENCANA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMAN 54 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (669kB)
[img] Text
12a BAB I.pdf

Download (728kB)
[img] Text
12b BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy
[img] Text
12c BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12d BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12e BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (724kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan buku digital pada materi mitigasi bencana terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran geografi kelas XI SMAN 54 Jakarta. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Random Sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu kelas XI-G sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan buku digital dalam proses pembelajaran dan kelas XI-F sebagai kelas kontrol yang akan menggunakan powerpoint dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2023. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data pada penelitian ini yaitu uji instrument dan uji analisis data. Berdasarkan dari hasil pengujian, instrument dinyatakan valid dan reliabel, serta data dinyatakan normal dan homogen. Berdasarkan dari pengujian data yang diambil di lapangan, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen. Kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan dengan perolehan nilai rata-rata menjadi 75,56 dari 63,06. Sedangkan perolehan kelas kontrol menjadi 67,78 dari 60,69. Kesimpulan ini juga didukung dengan perolehan nilai Sig. pada uji t tidak berpasangan sebesar 0,940 yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima dikarenakan nilai Sig. < 0,05. Sehingga terdapat peningkatan hasil belajar di kelas XI SMAN 54 Jakarta setelah menggunakan buku digital materi mitigasi bencana dalam pembelajaran geografi. *** This research aims to analyze the effect of using digital books in disaster mitigation material on the learning outcomes of students in class XI geography subjects at SMAN 54 Jakarta. The sampling technique in this research used the Random Sampling method. The samples used in this research are class XI-G as an experimental class which will use digital books in the learning process and class XI-F as a control class which will use PowerPoint in the learning process. This research was carried out in October – November 2023. The techniques used to analyze the data in this research were instrument tests and data analysis tests. Based on the test results, the instrument was declared valid and reliable, and the data was declared normal and homogeneous. Based on testing data taken in the field, the results showed that there was an influence on the learning outcomes of students in the experimental class. The experimental class experienced a significant increase in learning outcomes with an average score of 75,56 from 63,06. Meanwhile, the gain for the control class was 67,78 from 60,69. This conclusion is also supported by the acquisition of the Sig value. in the unpaired t test it is 0,940, which means H₀ is rejected and Hₐ is accepted due to the Sig value. < 0,05. So there is an increase in learning outcomes in class XI at SMAN 54 Jakarta after using digital books on disaster mitigation material in geography learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Cahyadi Setiawan, M.Si. ; 2). Fauzi Ramadhoan A'Rachman, M.Sc.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Geografi, Antropologi > Geografi Fisik
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 21128 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:54
Last Modified: 30 Jan 2024 01:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43736

Actions (login required)

View Item View Item