ANALISA INTENSITAS PENERANGAN DALAM KELAS MENGGUNAKAN SOFTWARE DIALUX EVO 12 (STUDI PADA SMK NEGERI 34 JAKARTA)

SHAFA FERY AZ - ZAHRA, . (2024) ANALISA INTENSITAS PENERANGAN DALAM KELAS MENGGUNAKAN SOFTWARE DIALUX EVO 12 (STUDI PADA SMK NEGERI 34 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kesesuaian intensitas penerangan dalam ruang kelas di SMKN 34 Jakarta hasil pengukuran menggunakan luxmeter dan pengukuran menggunakan software Dialux Evo 12 dengan kriteria standar SNI 6198-2020. (2) Menganalisa data dari hasil kuat penerangan ruang kelas terhadap intensitas penerangan dalam kelas di SMKN 34 Jakarta pengukuran dengan Luxmeter dan data hasil dari simulasi kuat penerangan menggunakan software DiaLux Evo 12. (3) Memberikan hasil skenario intensitas penerangan dalam ruang kelas menggunakan software DiaLux Evo 12. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur besar kuat penerangan pada setiap ruang kelas dan praktik (bengkel). Pada penelitian ini memanfaatkan 3 cara yaitu, pengukuran manual menggunakan luxmeter, perhitungan manual dan pengukuran menggunakan software Dialux Evo 12. Data yang diperoleh selama penelitian, baik data primer maupun data sekunder akan diolah untuk mengetahui kesesuaian intensitas penerangan dalam ruang kelas yang sesuai dengan SNI 6197-2020. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 12 ruang kelas dan 3 ruang praktik (bengkel) didapatkan nilai rata-rata intensitas penerangan di SMKN 34 Jakarta belum memenuhi standar SNI 6197-2020. Kesimpulan pada penelitian ini (1) Nilai kuat penerangan rata-rata pada pengukuran manual dan pengukuran Dialux Evo 12 belum memenuhi standar SNI 6197-2020. Standar kuat penerangan pada ruang kelas minimum adalah sebesar 350 lux, standar kuat penerangan pada ruang praktek (bengkel) sebesar 500 lux. (2) Untuk menghasilkan penerangan minimum sesuai standar, maka dibuat scenario menggunakan Dialux Evo 12 yaitu; skenario gabungan antara menambahkan tirai, mengubah daya lampu dan mengubah titik lampu. (3) Skenario yang paling memenuhi standar minimum penerangan dalam ruang kelas dan ruang praktek (bengkel) adalah skenario keempat dengan menambah tirai, mengubah daya lampu, dan menambah titik lampu mengalamai kenaikan 0% - 90,52%. Kata Kunci : Ruang Kelas, SMKN 34 Jakarta, ruangan, penerangan, Dialux Evo 12. This study aims to (1) determine the suitability of lighting intensity in classrooms at SMKN 34 Jakarta the results of measurements using luxmeters and measurements using Dialux Evo 12 software with SNI 6198-2020 standard criteria. (2) Analyzing data from the results of strong classroom lighting on the intensity of lighting in the classroom at SMKN 34 Jakarta measurement with Luxmeter and data from strong simulation of lighting using DiaLux Evo 12 software. (3) Provide results of lighting intensity scenarios in classrooms using DiaLux Evo 12 software. The research method used in this study is quantitative descriptive. Data collection was carried out by measuring the amount of lighting in each classroom and practice (workshop). This study utilizes 3 ways, namely, manual measurements using luxmeters, manual calculations and measurements using Dialux Evo 12 software. The data obtained during the study, both primary and secondary data will be processed to determine the suitability of lighting intensity in classrooms in accordance with SNI 6197-2020. The results showed that as many as 12 classrooms and 3 practice rooms (workshops) obtained the average value of lighting intensity at SMKN 34 Jakarta did not meet SNI 6197-2020 standards. Conclusions in this study (1) The average illumination strength value in manual measurements and Dialux Evo 12 measurements has not met SNI 6197-2020 standards. The minimum standard of lighting strength in the classroom is 350 lux, the standard of lighting strength in the practice room (workshop) is 500 lux. (2) To produce minimum lighting according to standards, a scenario was created using Dialux Evo 12, namely; a combined scenario between adding curtains, changing lamp power and changing light points. (3) The scenario that best meets the minimum standards of lighting in classrooms and practice rooms (workshops) is the fourth scenario by adding curtains, changing lamp power, and adding light points experiencing an increase of 0% - 90.52%. Keywords: Classroom, SMKN 34 Jakarta, room, lighting, Dialux Evo 12.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Readysal Monantun, M.Pd. ; 2). Dr. Muksin, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 21595 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:02
Last Modified: 01 Feb 2024 07:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44130

Actions (login required)

View Item View Item