PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA BERBASIS KONFLIK KOGNITIF

EKA PUTRI AZRAI, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA BERBASIS KONFLIK KOGNITIF. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran Biologi SMA berbasis konflik kognitif untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran Biologi. Model dikembangkan melalui penelitian pengembangan dengan mengkombinasikan model Borg and Gall, Dick and Carey dan model Hannafin and Peck. Pengembangan diawali dengan pengumpulan data dan informasi untuk menggali permasalahan dan potensi pengembangan model, dilanjutkan dengan langkah-langkah pengembangan sesuai model Dick and Carey. Strategi konflik kognitif dalam model dipilih berdasarkan teori perubahan konseptual yang menyatakan bahwa konflik kognitif merupakan langkah awal terjadi perubahan konsep. Strategi konflik kognitif dapat dipergunakan guru sebagai salah satu upaya mengatasi miskonsepsi siswa. Model pembelajaran yang dikembangkan dalam penerapannya dilengkapi bahan ajar ebook hyperconten berbasis konflik kognitif. Pilihan bahan ajar disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa generasi Z dan pengintegrasian TPACK dalam pembelajaran. Hasil evaluasi formatif menunjukan bahwa produk layak dari aspek desain, materi, media dan bahasa, untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji lapangan, siswa memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap model dan bahan ajar pendukung. Guru memberikan komentar yang sama dan mengemukakan bahwa langkah-langkah model mudah dipahami dan menyatakan kesediaan dan kesanggupan untuk menerapkan model dalam pembelajaran. Efektivitas model dilihat dari peningkatan pemahaman konsep dan penurunan miskonsepsi siswa. Berdasarkan uji t untuk skor pretest dan posttest pemahaman konsep materi ekosistem didapatkan hasil t hitung sebesar 4,37 dan t tabel sebesar 2,06 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan. Untuk materi perubahan lingkungan hasil perhitungan uji t didapatkan t hitung sebesar 4,72 dan t hitung 2,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil uji t menunjukan perbedaan signifikan skor pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah penggunaan model. Perhitungan N-Gain skor tes pada materi ekosistem sebesar 0,28 dengan kriteria peningkatan rendah dan perhitungan N-Gain skor tes pada materi perubahan lingkungan sebesar 0,32 dengan kriteria peningkatan sedang. Hasil analisis miskonsepsi menunjukan persentase miskonsepsi siswa pada materi ekosistem, sebesar 27,33% menurun menjadi 15,67% setelah penerapan model. Penurun miskonsepsi juga terjadi pada materi perubahan lingkungan dari 50,30% menjadi 46,57%. setelah penerapan model. Model pembelajaran Biologi SMA berbasis konflik kognitif yang dikembangkan efektif meningkatkan pemahaman konsep dan mereduksi miskonsepsi siswa. Hasil penelitian ini dapat memperkaya ragam model pembelajaran yang sudah ada dan temuan dalam penelitian dapat memberikan sumbangan dalam keilmuan dan secara praktis dalam pembelajaran Biologi. Kata Kunci: konflik kognitif, miskonsepsi, pembelajaran Biologi, perubahan konsep TPACK The research aims to develop a cognitive conflict-based high school biology learning model that can overcome problems in high school biology learning. The learning model was developed through development research by combining the Borg and Gall, Dick and Carey model, and the Hanafin and Peck model. The development process begins with collecting data and information to explore problems and potential model development, followed by development steps according to the Dick and Carey model. Cognitive conflict strategies in the model are chosen based on the theory of conceptual change. The teaching materials used are ebook hypercontent. The choice of teaching materials is tailored to the learning needs of Generation Z students and the integration of TPACK in learning. Based on the results of the formative evaluation, the data obtained show that the model was declared suitable from the design, material, media, and language aspects to be used in learning. The results of the field test show that the students gave very good responses to the models and supporting teaching materials. The teacher gave the same comment and stated that the model steps were easy to understand and expressed a willingness and ability to apply the model in learning. The effectiveness of the model can be seen from the increase in concept understanding and the decrease in misconceptions after implementing the model. The t-test results show a significant difference in students' concept understanding scores before and after using the model. The N-Gain calculation shows an increase in students' concept understanding scores. The results of the analysis of misconceptions show that there is a decrease in students' misconceptions after applying the model. Based on the results obtained, it can be concluded that the cognitive conflict-based biology learning model can be used as one of the efforts to overcome the problems in biology learning in high school.The developed learning model is suitable for use in learning based on aspects of learning design, materials, media, and language. The cognitive conflict-based high school biology learning model is effective in increasing conceptual understanding and reducing student misconceptions. The results of this research can certainly enrich the variety of existing learning models and the findings in the research can make a scientific and practical contribution to biology learning.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Japar, M.Si 2). Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 21619 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:59
Last Modified: 02 Feb 2024 06:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44276

Actions (login required)

View Item View Item