PERAN PENGETAHUAN PRODUK PADA PENGARUH BANDWAGON EFFECT TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE DI KALANGAN MAHASISWA

MUHAMMAD HELMI MUZAKKI, . (2024) PERAN PENGETAHUAN PRODUK PADA PENGARUH BANDWAGON EFFECT TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE DI KALANGAN MAHASISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengetahuan produk pada pengaruh bandwagon effect terhadap minat beli smartphone di kalangan mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dalam pengambilan data, penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 91 responden berstatus mahasiswa yang mempunyai atau ingin membeli smartphone dalam waktu hingga 6 bulan ke depan. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini menggunakan instrumen bandwagon effect (Minas N. Kastanakis, 2010), instrumen minat beli (Edwin Japarianto & Stephanie Adelia, 2020), dan instrumen pengetahuan produk (Nadia Rizkiana, Ryna Parlyna, & Nadya Fadillah Fidhyallah, 2021). Uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji regresi linear sederhana dan analisis moderasi sederhana menggunakan SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bandwagon effect berpengaruh sebesar 38,2% terhadap variabel minat beli, kemudian pengetahuan produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam memoderasi pengaruh bandwagon effect terhadap minat beli. ***** This study aims to determine the role of product knowledge on the influence of the bandwagon effect on smartphone purchase intention among students. The method used in this research is quantitative method. In collecting data, this study used purposive sampling technique with a total sample of 91 respondents with student status who have or want to buy a smartphone within the next 6 months. The measuring instruments used in this study use bandwagon effect instruments (Minas N. Kastanakis, 2010), purchase intention instruments (Edwin Japarianto & Stephanie Adelia, 2020), and product knowledge instruments (Nadia Rizkiana, Ryna Parlyna, & Nadya Fadillah Fidhyallah, 2021). Hypothesis testing was carried out using simple linear regression test and simple moderation analysis using SPSS version 27. The results of this study indicate that the bandwagon effect variable has an effect of 38.2% on the purchase intention variable, then product knowledge does not have a significant influence in moderating the effect of the bandwagon effect on purchase intention.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dr. Gumgum Gumelar Fajar Rakhman, M.Si ; 2.) Novitasari Rohdearni Damanik, M.Si.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 22104 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:34
Last Modified: 19 Feb 2024 01:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44923

Actions (login required)

View Item View Item