PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR

DAR ENALIA SABRINA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKN KELAS V SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dampak yang besar terhadap aspek-aspek kehidupan, tak terkecuali aspek pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memasukkan teknologi ke dalam pendidikan, yaitu dengan mengadakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan produk media pembelajaran video animasi pada muatan pembelajaran PPKn kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Pengasinan II Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian pengembangan ini, yaitu melalui kegiatan wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner. Instrumen penelitian pada penelitian pengembangan ini, yaitu instrumen wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini, yaitu statistik deskriptif kuantitatif. Hasil uji validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa secara berturut-turut, yaitu sebesar 92%, 80%, dan 98%. Hasil uji validasi oleh para ahli secara berturut-turut masuk ke dalam kategori sangat baik, baik, dan sangat baik. Hasil uji coba pada peserta didik pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan secara berturut-turut mendapatkan hasil sebesar 92%. 92%, dan 92%. Hasil uji coba pada peserta didik secara berturut-turut masuk ke dalam kategori sangat baik, sangat baik, dan sangat baik. Berdasarkan hasil uji validasi ahli dan uji coba pada peserta didik, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi valid dan layak untuk digunakan dalam muatan pembelajaran PPKn di kelas V Sekolah Dasar ***** The development of science and technology has a major impact on all aspects of life, including education. One of the efforts that can be made to incorporate technology into education is to organize learning media in the learning process. The purpose of this research is to develop and determine the feasibility of animated video in civic education for grade V elementary school. This research was conducted at SDN Pengasinan II, Kota Bekasi. This research used the Research and Development (RnD) method with ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data collection techniques carried out in this research are interview, observation, and questionnaires. The research instruments in this research are interview instruments and questionnaires. The data analysis technique used in this research is quantitative descriptive statistics. The results of the validation test by media experts, material experts, and linguists were 92%, 80%, and 98%, respectively. The results of the validation test by experts successively fall into the categories of very good, good, and very good. The results of the trial on students in individual trial, small group trial, and field trial successively obtained results of 92%. 92%, and 92%. The results of trials on students successively fall into the categories of very good, very good, and very good. Based on the results of the expert validation test and the trial on students, it can be concluded that th animated video is valid and feasible to use as a learning media in grade V elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21405 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2024 00:21
Last Modified: 21 Feb 2024 00:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44990

Actions (login required)

View Item View Item