ANALISIS SILABUS SAKUBUN I DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

GABRIELLA AURELLIA CAROLINE, . (2024) ANALISIS SILABUS SAKUBUN I DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (876kB)
[img] Text
LAMPIRAN(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy

Abstract

Gabriella Aurellia Caroline. 2024. Analisis Silabus Sakubun I di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesusaian antara isi silabus dari mata kuliah Sakubun I dengan JF Standard B.1.1 selaku standar acuan dari pembuatan silabus itu sendiri. JF Standar yang merupakan bentuk pengembangan dari CEFR hadir sebagai pedoman dasar bagi pengajaran bahasa jepang di seluruh dunia. Hadirnya CEFR dan JF Standar merupakan wujud dari perkembangan di dunia pendidikan yang saat ini telah berbasis kepada kompetensi, di mana puncak dari pembelajaran bahasa bukan untuk mencapai suatu tujuan saja, namun membentuk atau melatih kompetensi siswa seperti kompetensi berbicara,menulis, membaca, dan sebagainya. Analisis dilakukan dengan mengindentifikasi kesesuaian komponen-komponen yang digunakan dalam proses pengembangan silabus dengan ketentuan yang terdapat pada JF Standard B.1.1. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan lingkup pembelajaran Sakubun I di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Teknik pengumpulan data malalui studi pustaka dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah: (1). Standar kompetensi pada silabus Sakubun I telah mencerminkan JF Standard B.1.1, (2). Kompetensi dasar pada silabus Sakubun I telah mencerminkan JF Standard B.1.1, (3). Materi pokok pembelajaran pada silabus Sakubun I telah mencerminkan JF Standard B.1.1, (4). Kegiatan pembelajaran pada silabus Sakubun I telah mencerminkan JF Standard B.1.1, (5). Indikator pencapaian kompetensi pada silabus Sakubun I telah mencerminkan JF Standard B.1.1, (6). Jenis penilaian pada silabus Sakubun I telah mencerminkan JF Standard B.1.1, (7). Alokasi waktu pada silabus Sakubun I telah mencerminkan JF Standard B.1.1 dan (8). Sumber belajar pada silabus Sakubun I telah mencerminkan JF Standard B.1.1. ********** Gabriella Aurellia Caroline. 2024. Analysis of the Sakubun I Syllabus in the Japanese Language Education Study Program, State University of Jakarta. Thesis, Japanese Language Education Study Program, Faculty of Languages and Arts, State, University of Jakarta. The aim of this research was to determine the compatibility between the syllabus content of the Sakubun I course and JF Standard B.1.1 as the reference standard for making the syllabus itself. The JF Standards, which are a form of development of the CEFR, exist as basic guidelines for teaching Japanese throughout the world. The presence of CEFR and JF Standards is a manifestation of developments in the world of education which are currently competency-based, where the peak of language learning is not just achieving a goal, but forming or training student competencies such as speaking, writing, reading, and so on. The analysis was carried out by identifying the suitability of the components used in the syllabus development process with the provisions contained in JF Standard B.1.1. This research uses a content analysis method with the scope of Sakubun I learning in the Japanese Language Education Study Program. Data collection techniques through library research and document analysis. The results of this research are: (1). The competency standards in the Sakubun I syllabus has been reflected the JF Standard B.1.1, (2). The basic competencies in the Sakubun I syllabus has been reflected the JF Standard B.1.1, (3). The main learning material in the Sakubun I syllabus has been reflected the JF Standard B.1.1, (4). Learning activities in the Sakubun I syllabus has been reflected the JF Standard B.1.1, (5). The competency achievement indicators in the Sakubun I syllabus has been reflected the JF Standard B.1.1, (6). The type of assessment in the Sakubun I syllabus has been reflected the JF Standard B.1.1, (7). The time allocation in the Sakubun I syllabus has been reflected the JF Standard B.1.1 and (8). The learning resources in the Sakubun I syllabus has been reflected the JF Standard B.1.1.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nur Saadah Fitri Asih, M.Pd. ; 2). Muhammad Ali Hamdi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 21710 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2024 01:26
Last Modified: 28 Feb 2024 01:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45096

Actions (login required)

View Item View Item