PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO LITERASI KEUANGAN BERBASIS DIGITAL PADA IBU – IBU PKK DI WILAYAH RW 02 KELURAHAN GEDONG PASAR REBO JAKARTA TIMUR

ZAKI ZAKARIA RAMADHAN, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO LITERASI KEUANGAN BERBASIS DIGITAL PADA IBU – IBU PKK DI WILAYAH RW 02 KELURAHAN GEDONG PASAR REBO JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover - daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (136kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video sebagai alat untuk meningkatkan literasi keuangan di kalangan masyarakat, khususnya yang berbasis digital. Literasi keuangan menjadi kunci penting dalam mengelola keuangan secara bijak dan efektif di era digital saat ini. Metode pengembangan media pembelajaran ini menggunakan pendekatan ADDIE yang melibatkan tahap analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi dengan penelitian yang melewati tahapan seperti uji ahli media, ahli materi dan pengguna dan diujicobakan menggunakan skala likert. Data dikumpulkan menghasilkan beberapa interpretasi dari hasil pengujian oleh ahli media, ahli materi, dan pengguna yaitu ahli media sebesar 84%, ahli materi sebesar 92% dan penilaian dari pengguna sebesar 83,60% dengan interpretasi kelayakan media “Sangat Layak” **** This research aims to develop learning media in the form of videos as a tool to increase financial literacy among the public, especially digital-based ones. Financial literacy is an important key in managing finances wisely and effectively in the current digital era. This learning media development method uses the ADDIE approach which involves needs analysis, design, development, implementation and evaluation stages with research that goes through stages such as testing media experts, material experts and users and is tested using a Likert scale. The data collected resulted in several interpretations of the test results by media experts, material experts and users, namely media experts at 84%, material experts at 92% and user assessments at 83.60% with the interpretation of media feasibility "Very Feasible

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Puji Hadiyanti, M.Si.; 2). Karta Sasmita, S.Pd., M.Si., Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 22940 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2024 02:00
Last Modified: 23 Jul 2024 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46003

Actions (login required)

View Item View Item