AMIRUDDIN B, . (2024) PENGARUH MODEL STEM PjBL DAN PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA SAINS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA (Studi Eksperimen Model STEM PjBL dan Kemampuan Mengembangkan Ensiklopedia Sains terhadap Kemampuan Literasi Sains pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Halu Oleo). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1.Cover-Abstrak-Daftar isi.pdf Download (2MB) |
|
Text
2.Bab-1.pdf Download (372kB) |
|
Text
3.Bab-2.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
|
Text
4.Bab-3.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text
5.Bab-4.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) | Request a copy |
|
Text
6.Bab-5.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text
7.Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
8.Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mengatasi masalah pendidikan dan pembelajaran yang kompleks di Indonesia telah dilakukan oleh pemerintah dengan berbagai upaya, namun sampai saat ini belum memperlihatkan kemajuan yang signifikan. Memperbaiki mutu pendidikan bukan dari guru yang sudah bertugas, tetapi harus dimulai dari mahasiswa calon guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model STEM PjBL dan kemampuan mengembangkan ensiklopedia sains terhadap peningkatan kemampuan literasi sains mahasiswa PGSD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2, dengan subjek penelitian sebanyak 56 orang dari mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Halu Oleo. Berdasarkan uji two-way ANCOVA dengan taraf signifikan 0,05, hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) kemampuan literasi sains mahasiswa yang dibelajarkan dengan model STEM PjBL lebih tinggi dari model PjBL, setelah mengontrol kemampuan awal, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model STEM PjBL dan kemampuan mengembangkan ensiklopedia sains terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa setelah mengontrol kemampuan awal, (3) kemampuan literasi sains mahasiswa yang dibelajarkan dengan model STEM PjBL lebih tinggi dari model PjBL, pada kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan mengembangkan ensiklopedia sains tinggi, setelah mengontrol kemampuan awal, (4) kemampuan literasi sains mahasiswa yang dibelajarkan dengan model STEM PjBL lebih rendah dari model PjBL, pada kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan mengembangkan ensiklopedia sains rendah, setelah mengontrol kemampuan awal. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian yaitu terdapat pengaruh model STEM PjBL dan kemampuan mengembangkan ensiklopedia sains terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa PGSD UHO. Kata Kunci: Kemampuan literasi Sains, Model STEM PjBL, Kemampuan mengembangkan ensiklopedia sains, Mahasiswa PGSD UHO. ***** Overcoming the complex problems of education and learning in Indonesia has been done by the government with various efforts, but until now it has not shown significant progress. Improving the quality of education is not from teachers who are already on duty, but must start from prospective teacher students. This study aims to determine the effect of the STEM PjBL model and the ability to develop a science encyclopedia on improving the science literacy skills of PGSD students. The method used in this study was a quasi-experiment with a 2x2 factorial design, with 56 research subjects from Elementary School Teacher Education students at Halu Oleo University. Based on the two-way ANCOVA test with a significant level of 0.05, the results of this study prove that (1) the science literacy skills of students taught with the STEM PjBL model are higher than the PjBL model, after controlling for initial ability, (2) there is an interaction effect between the STEM PjBL model and the ability to develop a science encyclopedia on students' science literacy skills after controlling for initial ability, (3) the science literacy ability of students taught with the STEM PjBL model is higher than the PjBL model, in the group of students who have the ability to develop a high science encyclopedia, after controlling the initial ability, (4) the science literacy ability of students taught with the STEM PjBL model is lower than the PjBL model, in the group of students who have the ability to develop a low science encyclopedia, after controlling the initial ability. Thus, the conclusion of the study is that there is an effect of the STEM PjBL model and the ability to develop a science encyclopedia on the science literacy skills of PGSD UHO students. Keywords: Science literacy skills, STEM-PjBL model, Ability to develop a science encyclopedia, UHO PGSD students.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Agus Setyo Budi, M.Sc. 2). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 23225 not found. |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 00:54 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 00:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46075 |
Actions (login required)
View Item |