DESAIN PEMBUATAN ASSET 3D SERTA USER INTERFACE MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PROJEK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN

FARREL GIRI PRASETYO, . (2024) DESAIN PEMBUATAN ASSET 3D SERTA USER INTERFACE MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN PROJEK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah bidang yang terus berkembang dimana dalam suatu zaman ke zaman lainnya akan ada sebuah ciri khas pada aspek pendidikan yang berkembang di zaman tersebut. Pada saat ini, Pendidikan kerap menggunakan teknologi sebagai alat untuk membantu pelajaran yang diantaranya adalah Augmented Reality yang digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara oleh peneliti bersama rekan pada kegiatan pembelajaran PKK di SMKN 40 Jakarta terlihat suatu kekurangan dimana media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, khususnya pada kelas XI DKV dimana terdapat kekurangan pemanfaatan teknologi digital pada kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu peneliti dan rekan peneliti membuat aplikasi Augmented Reality sebagai media ajar. Berdasarkan hasil observasi, maka peneliti bertujuan untuk membuat asset 3D dan User Interface untuk aplikasi AR PKK SMKN 40. Dalam pembuatan aplikasi digunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther-Sutopo. Pengujian pada aplikasi dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada Ahli Media menghasilkan skor 96% dengan kategori “Sangat Baik” dan pengujian kepada Ahli Materi menggunakan skala Guttman yang menghasilkan skor 100% dengan kategori “Sangat Efektif”. Berdasarkan dengan hasil penilaian, maka aplikasi Augmented Reality yang dikembangkan dapat berpotensi untuk menjadi media pembelajaran pendukung kegiatan belajar mengajar PKK pada kelas XI DKV SMKN 40 Jakarta. ***** Education constantly evolves from time to time, where there will be a specialty in the aspect of Education in said time. Nowadays, education often use technology to aid with lessons like Augmented Reality which is used as an educational media. Observation and interviews on PKK subject at SMKN 40 Jakarta reveal a flaw in educational media usage, particularly in class XI DKV, where technology is not fully utilized. That is why researcher and partner aim to develop an Augmented Reality app as an addition to the educational media used. Based on the Observation, researcher intend to create 3D assets and User Interface for AR PKK SMKN 40 app. During the making of this research, a method called Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther-Sutopo is used. The app was tested with questionnaires given to media and material experts, resulting in a 96% score from the Media Expert and 100% score from the Education Material Expert. This positions the Augmented Reality app as a potential Educational Media for the PKK subject in class XI DKV at SMKN 40 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irma Permata Sari, S.Pd.,M.Eng. ; 2). M. Ficky Duskarnaen, S.T.,M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 22992 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:49
Last Modified: 24 Jul 2024 04:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46118

Actions (login required)

View Item View Item