NICO SANDYA PRAMODA, . (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN T PENCAK SILAT BERBASIS MEDIA BELAJAR PADA SISWA EKSTRAKURIKULER DI SMK TRI ARGA 2. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (277kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) |
|
Text
LAMPIRAN & RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
****ABSTRAK**** Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi apakah terdapat peningkatan dalam hasil belajar tendangan pencak silat setelah penerapan media pembelajaran. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif, dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Action Research. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yang masing-masing meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi dalam studi ini terdiri dari siswa ekstrakurikuler dengan jumlah sampel 16 siswa di SMK Tri Arga 2. Metode pengumpulan data meliputi tes yang mencakup hasil tes awal dan tes akhir pada setiap siklus, serta observasi. Validitas data diverifikasi menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menunjukkan peningkatan progresif dalam hasil belajar siswa dari tes awal hingga siklus I dan II, yang terlihat dari peningkatan hasil tes di setiap siklus. Dari hasil tes awal, nilai rata-rata siswa adalah 3,21. Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 4,32, dan pada siklus II, nilai rata-rata siswa lebih tinggi lagi, yaitu 4,96. Tingkat keberhasilan siswa pada tes awal adalah 2 siswa atau 12,5%. Pada siklus I, jumlah siswa yang berhasil meningkat menjadi 8 atau 50%, dan pada siklus II, jumlahnya meningkat drastis menjadi 15 siswa atau 93,75% dari total 16 siswa yang diteliti. *****ABSTRACT***** This study aims to evaluate whether there is an improvement in learning outcomes of pencak silat kicks after the application of learning media. The methodology used is qualitative, using the Classroom Action Research (PTK) or Action Research method. This research was conducted in two cycles, each of which included the stages of planning, action implementation, observation, and reflection. The population in this study consisted of extracurricular students with a sample size of 16 students at SMK Tri Arga 2. Data collection methods included tests that included the results of the initial and final tests in each cycle, as well as observation. Data validity was verified using triangulation techniques. Data analysis showed a progressive increase in student learning outcomes from the initial test to cycles I and II, as seen from the improvement in test results in each cycle. From the initial test results, the average student score was 3.21. In cycle I, the average score increased to 4.32, and in cycle II, the students' average score was even higher at 4.96. The student success rate in the initial test was 2 students or 12.5%. In cycle I, the number of successful students increased to 8 or 50%, and in cycle II, the number increased dramatically to 15 students or 93.75% of the total 16 students studied.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Johansyah Lubis, M.Pd 2) Slamet Sukriadi, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Media Pembelajaran Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olahraga Beladiri Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | FIO > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Users 22262 not found. |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 03:52 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 03:52 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46204 |
Actions (login required)
View Item |