PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBENTUK E-MODUL MATERI PERAKITAN KOMPUTER UNTUK KELAS X TKJ SMK TERATAI PUTIH JAKARTA DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO

SITI UMIRAH, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBENTUK E-MODUL MATERI PERAKITAN KOMPUTER UNTUK KELAS X TKJ SMK TERATAI PUTIH JAKARTA DENGAN METODE LUTHER-SUTOPO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (962kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang memerlukan inovasi dalam pengembangan kurikulum, metode belajar, bahan ajar, dan media pembelajaran. Pemilihan media pembelajaran perlu dilakukan secara cermat agar tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai dengan mudah. Berdasarkan hasil wawancara dan survei, media pembelajaran di kelas X TKJ SMK Teratai Putih Jakarta masih dalam bentuk e-book dan video yang di unduh dari dinas pendidikan, YouTube, atau sumber website lainnya melalui browsing, sehingga dibutuhkan media pembelajaran tambahan yang interaktif dan fleksibel dalam arti media pembelajaran yang dibuat dapat menyesuaikan dan mendukung kegiatan pembelajaran di kelas X TKJ SMK Teratai Putih Jakarta, khususnya untuk pembahasan materi Perakitan Komputer. Metode pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah Multimedia Development Life Cyle (MDLC) versi Luther-Sutopo yang terdiri dari enam tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian kelayakan produk E-Modul interaktif dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Pengujian ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 100% yang berada dalam kategori “Sangat Layak” dan pengujian ahli media dengan tingkat kelayakan 90,8% yang berada dalam kategori “Sangat Layak”, serta pengujian terhadap responden dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dengan skor akhir sebesar 88,4 yang masuk dalam tingkat penerimaan “Acceptable” dengan tingkat adjective “Excellent” pada grade A. Berdasarkan hasil penilaian ini, produk yang telah dikembangkan dianggap sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran tambahan untuk membantu proses pembelajaran dan kegiatan produksi di kelas X TKJ SMK Teratai Putih Jakarta. Education plays an important role in improving the quality of human resources, requiring innovation in the-development-of curricula, learning methods, teaching materials, and learning media. The selection of learning media must be done carefully so that the desired learning objectives can be easily achieved.Based on the results of interviews and surveys, the learning media in Class X TKJ at SMK Teratai Putih Jakarta is still in the form of e-books and videos downloaded from the Department of Education, YouTube, or other websites through browsing. Therefore, additional interactive and flexible learning media are needed that-can adapt to and support the learning activities in Class X TKJ at SMK Teratai Putih Jakarta, particularly for the Computer Assembly material. The development method used for this learning media is the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) version Luther-Sutopo, which consists of six stages: concept, design, material collecting, assembly, testing, and distribution. The feasibility test of the interactive E-Module product was conducted by material experts and media experts using descriptive statistical techniques. The material expert test obtained a feasibility level of 100%, which falls into the "Very Feasible" category, and the media expert test obtained a feasibility level of 90.8%, which also falls into the "Very Feasible" category. Additionally, the test on respondents using the System Usability Scale (SUS) method resulted in a final score of 88.4, which is classified as "Acceptable" with an "Excellent" adjective rating at grade A. Based on these assessment results, the developed product is considered very good and feasible to be used as additional learning media to support the learning process and production activities in Class X TKJ at SMK Teratai Putih Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Ficky Duskarnaen, S.T., M.Sc 2). Murien Nugraheni, S.T., M.Cs
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Siti Umirah .
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:32
Last Modified: 25 Jul 2024 02:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46274

Actions (login required)

View Item View Item