ULAN PURNAMA SARI, . (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN PADA MATA KULIAH TECHNOPRENEURSHIP DAN INOVASI DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (229kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (273kB) |
|
Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya lapangan kerja dan fokus perguruan tinggi pada pencari kerja meningkatkan pengangguran terdidik. Pemerintah meningkatkan pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi, termasuk di Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Meskipun pendidikan kewirausahaan diterapkan, terdapat kesenjangan yang signifikan antara minat berwirausaha mahasiswa dengan data hasil tracer study yakni hanya 0-2% lulusan yang berwirausaha selama tahun 2020-2022. Hal ini dikarenakan kurangnya pengalaman praktis, keterbatasan modal, dan minimnya dukungan serta networking. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang ditimbulkan oleh pengetahuan kewirausahaan pada mata kuliah technopreneurship dan inovasi dengan minat berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi produck moment dengan menggunakan metode perhitungan kuantitatif seperti uji normalitas, uji linieritas serta uji hipotesis diantaranya meliputi uji korelasi sederhana, uji signifikansi korelasi sederhana, dan uji koefisien determinasi,. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdapat data primer yaitu berupa tes pilihan ganda dan angket dengan jumlah responden sebanyak 58 Mahasiswa dan sekunder yaitu nilai hasil belajar yang didapatkan oleh admin program studi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pengetahuan Kewirausahaan pada Mata Kuliah Technopreneurship dan Inovasi dengan variabel Minat Berwirausaha , dengan koefisien korelasi sebesar 0,860 yakni menunjukan derajat hubungan korelasi sangat kuat. Dengan hasil uji signifikansi korelasi sederhana mendapatkan nilai 12.608 > 2,002, dari nilai tersebut dapat diambil keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Koefisien determinasi (Rsquare) memiliki hasil sebesar 0,739 yang berarti varian minat berwirausaha 73,9%, ditentukan oleh varian Pengetahuan Kewirausahaan pada Mata Kuliah Technopreneurship dan Inovasi ***** The lack of job opportunities and the focus of higher education institutions on job seekers have increased educated unemployment. The government is enhancing entrepreneurship education in higher education, including at the Department of Building Engineering Education, Universitas Negeri Jakarta. Despite the implementation of entrepreneurship education, there is a significant gap between students' interest in entrepreneurship and the data from the tracer study, with only 0-2% of graduates engaging in entrepreneurship during 2020-2022. This is due to the lack of practical experience, limited capital, and insufficient support and networking. This thesis aims to determine the relationship arising from entrepreneurial knowledge in the technopreneurship and innovation courses with the interest in entrepreneurship among Building Engineering Education students at Universitas Negeri Jakarta. The data analysis technique used is the product moment correlation using quantitative calculation methods such as normality test, linearity test, and hypothesis testing, including simple correlation test, simple correlation significance test, and coefficient of determination test. Data collection techniques in this study include primary data in the form of multiple-choice tests and questionnaires with a total of 58 student respondents, and secondary data in the form of learning outcomes obtained by the program study administrator. The research results indicate a positive and significant relationship between Entrepreneurial Knowledge in the Technopreneurship and Innovation Course and the Entrepreneurial Interest variable, with a correlation coefficient of 0.860, indicating a very strong correlation relationship. With the result of the simple correlation significance test obtaining a value of 12,608 > 2.002, it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted. The coefficient of determination (Rsquare) has a value of 0.739, meaning that 73.9% of the variance in entrepreneurial interest is determined by the variance in Entrepreneurial Knowledge in the Technopreneurship and Innovation Course
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). R. Eka Murtinugraha, M.Pd. ; 2). Dr. Santoso Sri Handoyo, M.T. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 23407 not found. |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 23:01 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 23:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46325 |
Actions (login required)
View Item |