JEFF MICHAEL JOHANES, . (2024) ANALISA TERMODINAMIKA DAN DESAIN SISTEM PENDINGIN ABSORPSI LiBr UNTUK KABIN MOBIL YANG DIPARKIR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (990kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Terjadi peningkatan jumlah unit mobil penumpang di DKI Jakarta, salah satu faktor terjadinya peningkatan tersebut adalah persepsi kenyamanan terhadap penggunaan mobil. Permasalahanya, saat mobil diparkir pada ruang terbuka saat siang hari, mobil akan terpapar oleh sinar matahari yang dapat mengakibatkan peningkatan temperatur udara di dalam kabin mobil sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada kompartemen mobil dan ketidaknyamanan termal. Oleh karena itu, pada penelitian ini digunakan sistem pendingin absorpsi dengan fluida kerja berupa H2O-LiBr sebagai sistem pendingin alternatif. Namun, penggunaan air sebagai refrigeran menyebabkan komponen yang dibutuhkan lebih besar. Hal tesebut menjadikan penelitian ini berfokus pada analisa secara termodinamika dan analisa performa kerja sistem pendingin absorpsi serta mendesain mesin pendingin absorpsi H2O-LiBr agar dapat diaplikasikan pada kabin mobil yang terparkir. Penelitian dimulai dengan parameter yang dibutuhkan. Parameter yang didapatkan selanjutnya akan dikalkulasikan berdasarkan persamaan yang telah didapatkan. Pada penelitian ini, perhitungan-perhitungan dalam analisa termodinamika, analisa performa kerja, dan perancangan desain sistem pendingin absorpsi dilakukan dengan menggunakan software Engineering Equation Solver (EES). Berdasarkan parameter yang didapatkan, perhitungan analisa termodinamika menggunakan EES menghasilkan nilai COP sebesar 0.7682. Hasil analisa performa sistem pendingin absorpsi terhadap temperatur keluar generator menunjukan bahwa semakin besar temperatur keluar generator maka semakin besar juga nilai COP yang dihasilkan. Desain komponen yang telah dilakukan menghasilkan generator dengan tebal 5.1 mm dan tinggi total generator 1435 mm. Kondensor dengan luas permukaan 0.0297 m2 dan luas total permukaan tube dan fin sebesar 4.783 m2. Evaporator dengan luas permukaan 0.03367 m2 dan luas total permukaan tube dan fin sebesar 5.703 m2. Absorber dengan luas permukaan 0.03129 m2 dan luas total permukaan tube dan fin sebesar 4.826 m2. Kata kunci: sistem pendingin absorpsi, H2O-LiBr, termodinamika. There has been an increase in the number of passenger car units in DKI Jakarta, one of the factors for the increase is the perception of comfort in the use of cars. The problem is, when the car is parked in an open space during the day, the car will be exposed to sunlight which can result in an increase in the air temperature in the car cabin so that it can cause damage to the car compartment and thermal discomfort. Therefore, in this study, an absorption cooling system with a working fluid in the form of H2O-LiBr is used as an alternative cooling system. However, the use of water as a refrigerant leads to the required components being larger. This makes this research focus on thermodynamic analysis and analysis of the work performance of the absorption cooling system as well as designing the H2O-LiBr absorption cooling engine so that it can be applied to parked car cabins. The research begins with the required parameters. The parameters obtained will then be calculated based on the equations that have been obtained. In this study, calculations in thermodynamic analysis, work performance analysis, and absorption cooling system design design were carried out using Engineering Equation Solver (EES) software. Based on the parameters obtained, the calculation of thermodynamic analysis using EES resulted in a COP value of 0.7682. The results of the analysis of the performance of the absorption cooling system against the generator outlet temperature show that the larger the generator outlet temperature, the greater the COP value produced. The design of the components that has been carried out results in a generator with a thickness of 5.1 mm and a total generator height of 1435 mm. The condenser has a surface area of 0.0297 m2 and a total surface area of tubes and fins of 4,783 m2. The evaporator has a surface area of 0.03367 m2 and a total surface area of tubes and fins of 5,703 m2. The absorber has a surface area of 0.03129 m2 and a total surface area of tubes and fins of 4,826 m2. Keywords: absorption cooling system, H2O-LiBr, thermodynamics
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Darwin Rio Budi Syaka, S.T., M.T. 2). Dr. Ragil Sukarno, S.T., M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 23586 not found. |
Date Deposited: | 25 Jul 2024 02:22 |
Last Modified: | 25 Jul 2024 02:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46339 |
Actions (login required)
View Item |