EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ILLUSTRATOR DALAM PEMBELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI DI SMK NEGERI 71 JAKARTA

NABILA ANISHA ISHA ILLAH, . (0024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE ILLUSTRATOR DALAM PEMBELAJARAN ANIMASI 2 DIMENSI DI SMK NEGERI 71 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (980kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Hasil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Efektivitas belajar siswa yang masih rendah menjadi sebuah tantangan dalam pembelajaran Animasi 2 Dimensi di SMKN 71 Jakarta. Hal ini berhubungan langsung dengan tingkat pemahaman siswa sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal yang disebabkan berbagai faktor, termasuk media pembelajaran yang kurang efektif. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran Adobe Illustrator dalam pembelajaran animasi 2 dimensi di SMKN 71 Jakarta. Dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode angket (kuesioner) dan metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik berupa uji mann whitney sebagai pengganti dari uji independent sample T-test, hal ini dikarenakan data yang digunakan tidak lolos uji normalitas sebagai syarat dalam pengujian pada uji independent sample T-test. Dari hasil analisis penelitian dengan bantuan SPSS dan total 31 siswa, menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, yang artinya nilai p value < batas kritis 0.05 dan hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga ada perbedaan signifikan antara penggunaan media pembelajaran Adobe Illustrator dan media pembelajaran lain terhadap tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran Animasi 2 Dimensi. Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran Adobe Illustrator dibuktikan berdasarkan hasil mean rank pada uji mann whitney dengan kelompok pengguna media pembelajaran Adobe Illustrator (kelompok A) memiliki nilai sangat tinggi dibandingkan dengan kelompok pengguna media pembelajaran lain (kelompok B), yakni 23.50 > 8.00, sehingga ditarik kesimpulan bahwa ada efektivitas penggunaan media pembelajaran Adobe Illustrator dalam pembelajaran animasi 2 dimensi di SMKN 71 Jakarta. ***** The low effectiveness of student learning is a challenge in learning 2-Dimensional Animation at SMKN 71 Jakarta. This is directly related to the level of student understanding so that learning objectives are not achieved optimally due to various factors, including ineffective learning media. Therefore, this study aims to determine the effectiveness of using Adobe Illustrator learning media in learning 2-dimensional animation at SMKN 71 Jakarta. With data collection techniques in the study using a questionnaire method and the research method used is a quantitative method using statistical analysis in the form of the Mann Whitney test as a substitute for the Independent Sample T-test, this is because the data used did not pass the normality test as a requirement in testing the Independent Sample T-test. From the results of research analysis with the help of SPSS and a total of 31 students, it shows that the value of Asymp. Sig (2-tailed) of 0.000 < 0.05, which means that the p value < 0.05 critical limit and the null hypothesis (Ho) is rejected while the alternative hypothesis (Ha) is accepted, so there is a significant difference between the use of Adobe Illustrator learning media and other learning media on the level of student understanding in learning 2-Dimensional Animation. To determine the effectiveness of the use of Adobe Illustrator learning media, it is proven based on the results of the mean rank in the Mann Whitney test with the Adobe Illustrator learning media user group (group A) having a very high value compared to other learning media user groups (group B), namely 23.50> 8.00, so it is concluded that there is an effectiveness of using Adobe Illustrator learning media in learning 2-dimensional animation at SMKN 71 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Lipur Sugiyanta, Ph.D. 2). Via Tuhamah Fauziastuti, S.SI, M.Ed.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 23447 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:55
Last Modified: 25 Jul 2024 01:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46372

Actions (login required)

View Item View Item