SIMULASI STRUKTUR KOMPONEN KATUP DASAR PADA MEKANISME TWIN TUBE SHOCK ABSORBER MOBIL TERHADAP KEGAGALAN KELELAHAN

RAFI BIODIANSYAH, . (2024) SIMULASI STRUKTUR KOMPONEN KATUP DASAR PADA MEKANISME TWIN TUBE SHOCK ABSORBER MOBIL TERHADAP KEGAGALAN KELELAHAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan alat transportasi yang semakin canggih ini, menimbulkan daya tarik bagi masyarakat untuk mulai menggunakan alat transportasi pribadi, hal itu menyebabkan terjadinya peningkatan jumlah kendaraan. Berdasarkan fungsinya dalam menjaga stabilitas kendaraan dan menyerap getaran, maka terdapat komponen yang berperan penting dalam hal tersebut, yaitu peredam kejut. Pada dasarnya dalam mengatur kecepatan piston dan peredaman kejut tetap stabil terdapat komponen yang berperan penting yaitu, katup. Untuk menghindari kegagalan tersebut maka dibutuhkan sebuah pemodelan yang dapat memprediksi umur dari komponen katup dasar itu sendiri serta melihat pada bagian katup yang mengalami kondisi terburuk, yaitu pemodelan Interaksi Fluida Struktur. Kondisi tersebut dapat disimulasikan dalam sebuah software numerik ANSYS, yang bertujuan untuk mengetahui kondisi yang dialami oleh struktur akibat adanya interaksi yang disebabkan oleh fluida. Hasil simulasi aliran oli pada mekanisme Twin Tube Shock Absorber, mengalami kenaikan kecepatan maksimal yang konstan terhadap kecepatan awal fluida, hal ini terjadi akibat ruang oli mengalir semakin sempit. Simulasi struktur terhadap tegangan Von-Mises dengan variasi ketebalan cakram katup dasar, maka jangkauan tegangan terendah yang dialami struktur terdapat pada katup model 2, nilai jangkauan tegangannya sebesar 633,79 Mpa, jumlah siklus yang mampu diterima oleh katup model 2 adalah yang terbanyak, yaitu 352 siklus pada kecepatan awal oli 2 m/s. Berdasarkan hasil simulasi struktur terhadap tegangan Von-Mises dengan variasi ketinggian celah dinding, maka jangkauan tegangan terendah yang dialami oleh struktur terdapat pada katup model , nilai jangkauan tegangannya sebesar 422,74 Mpa, jumlah siklus yang mampu diterima oleh katup model 1 menjadi yang terbanyak, yaitu 2280 siklus pada kecepatan awal oli 2 m/s. Berdasarkan hasil simulasi interaksi fluida struktur dengan variasi model katup, maka jangkauan terendah dan jumlah siklus terbanyak terdapat pada katup model 1, nilai jangkauan tegangannya sebesar 549,75 Mpa dan jumlah siklus nya sebanyak 1130 siklus pada kecepatan oli 2 m/s berdasarkan kurva S-N. Kata Kunci : Tegangan Von-Mises, Kurva S-N, Siklus, ANSYS ********* The development of increasingly sophisticated means of transportation has created an attraction for people to start using private means of transportation, this has led to an increase in the number of vehicles. Based on its function in maintaining vehicle stability and absorbing vibrations, there are components that play an important role in this matter, namely shock absorbers. Basically, in regulating piston speed and shock absorption to remain stable, there are components that play an important role, namely, valves. To avoid this failure, modeling is needed that can predict the age of the basic valve components themselves and look at the parts of the valve that experience the worst conditions, namely Fluid-Structure Interaction modeling. These conditions can be simulated in the ANSYS numerical software, which aims to determine the conditions experienced by structures due to interactions caused by fluids. The results of the oil flow simulation in the Twin Tube Shock Absorber mechanism show a constant increase in maximum speed relative to the initial fluid speed, this occurs because the space for the oil to flow becomes narrower. Simulating the structure of Von-Mises stress with variations in the thickness of the basic valve disc, the lowest stress range experienced by the structure is found in model 2 valves, the stress range value is 633.79 Mpa, the number of cycles that can be accepted by model 2 valves is the highest, namely 352 cycles at an initial oil speed of 2 m/s. Based on the results of structural simulations of Von-Mises stress with variations in wall gap height, the lowest stress range experienced by the structure is found in the model valve, the stress range value is 422.74 MPa, the number of cycles that model 1 valve can accept is the highest, namely 2280 cycles at an initial oil speed of 2 m/s. Based on the simulation results of fluid-structure interaction with various valve models, the lowest range and highest number of cycles are found in valve model 1, the stress range value is 549.75 Mpa and the number of cycles is 1130 cycles at an oil speed of 2 m/s based on the S-N curve. Kata Kunci : Stress Von-Mises, S-N Curve, Cycle, ANSYS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Eng. Agung Premono, M.T. ; 2). Dr. Imam Basori, M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Hidraulik, Pelabuhan, Irigasi
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Manufaktur
Divisions: FT > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Rafi Biodiansyah .
Date Deposited: 25 Jul 2024 05:45
Last Modified: 25 Jul 2024 05:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46558

Actions (login required)

View Item View Item