PENGEMBANGAN BACKEND APLIKASI MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN DI SMK NEGERI 1 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING

SULTHON ABDILLAH, . (2024) PENGEMBANGAN BACKEND APLIKASI MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN DI SMK NEGERI 1 JAKARTA MENGGUNAKAN METODE EXTREME PROGRAMMING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Siswa SMK Negeri 1 Jakarta sering menggunakan smartphone dalam mencari informasi pembelajaran, tetapi masih belum terarah dalam mencari informasi pembelajaran. Latihan soal dianggap efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa menghadapi ujian, tetapi belum ada aplikasi mobile learning yang tersedia digunakan oleh siswa dan guru dalam menyediakan materi pembelajaran serta latihan soal. Selain itu, belum ada backend yang berbentuk API untuk mendukung pengembangan aplikasi mobile learning yang fleksibel dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan backend aplikasi mobile learning pada mata pelajaran Kompetensi Keahlian di kelas XI SMK Negeri 1 Jakarta. Pengembangan aplikasi menggunakan metode Extreme Programming dengan empat tahapan, Planning (Perencanaan), Design (Desain), Coding (Pengkodean), dan Testing (Pengujian). Proses pengembangan dilakukan sebanyak tiga iterasi yang setiap iterasi menghasilkan endpoint API. Pengujian fungsi kode dilakukan dengan unit testing menggunakan framework xUnit dengan sembilan skenario tes yang berbeda, sementara pengujian API dilakukan menggunakan aplikasi Postman dengan skenario sukses atau gagal. Hasil dari semua skenario unit testing menunjukkan status berhasil, kemudian hasil dari semua endpoint API yang telah diuji menunjukkan status berhasil. ***** Students at SMK Negeri 1 Jakarta often use smartphones to search for learning information, but their searches are not yet well-directed. Practice questions are considered effective in improving students’ understanding in preparation for exams, but there is no mobile learning application available for students and teachers to provide learning materials and practice questions. Additionally, there is no backend in the form of an API to support the development of a flexible and sustainable mobile learning application. This research aims to develop a backend for a mobile learning application for the Competency Skills subject in the 11th grade at SMK Negeri 1 Jakarta. The application development uses the Extreme Programming method with four stages, Planning, Design, Coding, and Testing. The development process is carried out in three iterations, each producing an API endpoint. Code function testing is performed with unit testing using the xUnit framework with nine different test scenarios, while API testing is conducted using the Postman application with success or failure scenarios. The results of all unit testing scenarios show successful status, and the results of all tested API endpoints also show successful status.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, M.T. ; 2). Muchammad Ficky Duskarnaen, M.Sc.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Users 23511 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2024 00:35
Last Modified: 26 Jul 2024 00:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46592

Actions (login required)

View Item View Item