PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELARAN ASINKRONUS MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

SENDI FEBRIAN, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELARAN ASINKRONUS MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada Materi Kewarisan Dan Kearifan Dalam Islam, (2) Merancang model media pembelajaran asinkronus microsoft sway pada Materi Kewarisan dan Kearifan Dalam Islam, (3) Membuat dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran website yang layak digunakan sebagai media pembelajaran Materi Kewarisan, (4) Mengimplementasikan media pembelajaran microsoft sway pada Materi Kewarisan dan Kearifan dalam Islam, (5) Mengevaluasi media pembelajaran microsoft sway pada Materi Kewarisan dan Kearifan dalam Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahap Analysis, melakukan studi pendahuluan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. Tahap Design, tahap pembuatan peta kompetensi, peta materi, garis besar isi media, dan naskah media. Tahap Development, pengembangan hingga menjadi sebuah media yang siap untuk di validasi serta di ujicoba. Tahap Implementation, peserta didik mengerjakan soal sebelum dan posttest setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran Microsoft Sway. Tahap Evaluation, mengevaluasi hasil pada tahapan-tahapan yang telah dilalui serta melakukan revisi terhadap media. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII 1, 2, 3, dan 4 SMAN 13 Jakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik analisis validitas instrumen kelayakan media menggunakan Skala Lima, sedangkan untuk analisis hasil belajar membandingkan Nilai KKM dengan nilai hasil posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata nilai posttest sebesar 82% dari 100%. Dari data diatas, dapat disimpulkan bahwa peserta didik berhasil untuk mendapatkan nilai diatas KKM yaitu diatas 75, sehingga media pembelajaran ini dapat dikatakan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada materi kewarisan dan kearifan dalam islam. Kata Kunci: Media Pembelajaran Microsoft Sway, Hasil Belajar, Kewarisan ***** The purpose of this research is to find out: (1) Analyzing the need for learning media on Heritage and Wisdom Material in Islam, (2) Designing a Microsoft Sway asynchronous learning media model on Heritage and Wisdom Material in Islam, (3) Creating and producing products in the form of learning media website that is suitable for use as learning media for Inheritance Material, (4) Implementing Microsoft Sway learning media on Heritage and Wisdom Material in Islam, (5) Evaluating Microsoft Sway learning media on Inheritance and Wisdom Material in Islam. The type of research used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Analysis stage, conducting a preliminary study of the problems faced in learning. Design stage, the stage of creating competency maps, material maps, media content outlines and media scripts. Development stage, development until it becomes a medium that is ready to be validated and tested. Implementation stage, students work on pre- and post-test questions after taking part in learning using Microsoft Sway learning media. Evaluation stage, evaluating the results of the stages that have been passed and revising the media. The subjects of this research were students in class XII 1, 2, 3, and 4 of Senior High School 13 Jakarta for the 2023/2024 academic year. The validity analysis technique for the media suitability instrument uses the Five Scale, while for the analysis of learning outcomes it compares the Minimum Completeness Criteria Value with the posttest result value. The research results showed that: the average posttest score was 82% out of 100%. From the data above, it can be concluded that students succeeded in getting a score above the Minimum Completeness Criteria, namely above 75, so that this learning media can be said to be quite effective in improving learning outcomes on the material on heritage and wisdom in Islam. Keywords: Microsoft Sway Learning Media, Learning Outcomes, Inheritance

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yusuf Ismail, M.Ag. ; 2). Dr. Muhammad Ridwan Effendi, M.Ud.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 23777 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:52
Last Modified: 26 Jul 2024 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46730

Actions (login required)

View Item View Item