KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU SEJARAH DI SMK NEGERI 58 JAKARTA

MOHAMAD RIZKY SUHELMI, . (2020) KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU SEJARAH DI SMK NEGERI 58 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER-NIM.pdf

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (283kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI (2).pdf

Download (361kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (696kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (452kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (317kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pedagogik yang dimiliki guru sejarah di SMKN 58 Jakarta dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Kegiatan penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pihak sekolah dalam usaha meningkatkan Kemampuan Pedagogik yang dimiliki oleh guru Sejarah di SMKN 58 Jakarta pada khususnya dan juga para guru SMKN 58 Jakarta pada umumnya, dalam proses pembelajaran menuju arah yang lebih baik. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang mengambil lokasi di SMKN 58 Jakarta yang berada di Bambu Apus, dalam mengumpulkan data pada penelitian ini di lakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Analisis yang dilakukan yaitu dengan cara memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, kemudian menarik suatu kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dari penelitian ini dilakukan menggunakan teknik triangulasi yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data melalui sumber lainnya. Hasil penelitian menunjukan : 1) Guru Sejarah di SMKN 58 Jakarta telah memenuhi persyaratan dalam mengajar. 2) Kemampuan perancangan pembelajaran, Kemampuan mengelola pembelajaran, Pemahaman terhadap peserta didik, Kemampuan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, Kemampuan dalam evaluasi hasil belajar, Kemampuan pemanfaatan penggunaan teknologi pembelajaran dan Kemampuan pengembangan peserta didik dapat dideskripsikan bahwa guru Sejarah SMKN 58 Jakarta telah menunjukkan Kompetensi yang secara umum cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari tercapainya Indikator-indikator yang terdapat pada kompetensi pedagogik, dan juga berdasarkan hasil pembandingan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, membandingkan apa yang dikatakan oleh informan dengan membandingkan kepada orang lain secara umum dan juga membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. 3) Penerapan metode pembelajaran Sejarah adalah dengan metode pengamatan, bercerita,dan berdiskusi Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengamatan, wawancara dengan informan dan informan kunci serta dokumen yang didapat maka kemampuan pedagogik yang dimiliki oleh guru sejarah di SMKN 58 Jakarta telah memenuhi indikator-indikator kompetensi pedagogik dengan baik, yang meliputi : Kemampuan perancangan pembelajaran, Kemampuan mengelola pembelajaran, Pemahaman terhadap peserta didik, Kemampuan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, Kemampuan dalam evaluasi hasil belajar, Kemampuan pemanfaatan penggunaan teknologi pembelajaran dan Kemampuan pengembangan peserta didik. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik MOHAMAD RIZKY SUHELMI, Pedagogical Ability of the History Teacher at SMKN 58 Jakarta. Thesis, Jakarta, History Education program, Faculty of Social Sciences, State University Jakarta. January 2020 This study aims to describe the pedagogical abilities of the history teacher at SMK 58 Jakarta in the history learning activities. This research activity is expected to be useful for schools in an effort to improve the Pedagogical Abilities of the History teachers at SMK 58 Jakarta in particular and also the teachers of SMK 58 Jakarta in general, in the process of learning towards a better direction. The methodology of this research is qualitative research, which takes place at SMKN 58 Jakarta located in Bambu Apus, in collecting data on this research, that is done by means of observation, interviews and documentation studies. The analysis is carried out by giving meaning to the data that has been collected, then draws a conclusion. While checking the validity of the data from this study was carried out using triangulation techniques, namely the technique of checking the validity of the data through other sources. The results showed: 1) The History Teacher at SMKN 58 Jakarta met the teaching requirements. 2) The ability to design learning, the ability to manage learning, the understanding of students, the ability to implement learning that is educative and dialogic, the ability to evaluate learning outcomes, the ability to use the use of learning technology and the ability to develop students can be described that the history teacher at SMK 58 Jakarta has shown competence which is generally quite good. This can be seen from the achievement of the indicators contained in pedagogical competence, and also based on the results of comparing observational data with interview data, comparing what is said by informants by comparing to others in general and also comparing the results of interviews with the contents of a document related to. 3) The application of the History learning method is the method of observation, storytelling, and discussion The conclusion of this study is based on observations, interviews with key informants and informants as well as documents obtained, the pedagogical abilities possessed by history teachers at SMKN 58 Jakarta have fulfilled the pedagogical competency indicators well, which include: Learning design ability, Learning ability learning, understanding of students, the ability to implement learning that educates and dialogues, the ability to evaluate learning outcomes, the ability to use the use of learning technology and the ability to develop students. Keywords : Pedagogical Competence

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ratu Husmiati, M.Hum. ; 2). Humaidi, M.Hum
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 1519 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 12:55
Last Modified: 03 Mar 2020 12:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4728

Actions (login required)

View Item View Item