PENGARUH MOBILE LEARNING TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY TERHADAP DISPOSISI BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA TOPIK STRUKTUR ATOM

FUTIHATIL QOLBI HIDAYAT, . (2024) PENGARUH MOBILE LEARNING TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY TERHADAP DISPOSISI BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA TOPIK STRUKTUR ATOM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Futihatil Qolbi Hidayat_Skripsi File Pertama.pdf

Download (520kB)
[img] Text
Futihatil Qolbi Hidayat_Skripsi BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
Futihatil Qolbi Hidayat_Skripsi BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
Futihatil Qolbi Hidayat_Skripsi BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
Futihatil Qolbi Hidayat_Skripsi BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
Futihatil Qolbi Hidayat_Skripsi BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
Futihatil Qolbi Hidayat_Skripsi Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Futihatil Qolbi Hidayat_Skripsi File Terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas kurangnya kemampuan peserta didik dalam memvisualisasikan topik struktur atom yang abstrak. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mobile learning terintegrasi AR terhadap disposisi berpikir kritis peserta didik kelas X pada topik struktur atom. Sebanyak 2 kelas utuh di SMAN 30 Jakarta dipilih menjadi sampel pada penelitian ini. Dengan menggunakan desain kuasi eksperimental, dua kelas yang terpilih, diacak dengan metode flipping coin untuk mengelompokkan kedua kelas menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dihasilkan melalui hasil kuesioner disposisi berpikir kritis. Kuesioner yang digunakan terdiri dari 11 pernyataan, tujuh pernyataan terkait keterbukaan kritis dan empat pernyataan terkait skeptisisme reflektif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan independent t-test dan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mobile learning terintegrasi AR memiliki pengaruh positif terhadap disposisi berpikir kritis peserta didik pada topik struktur atom. Sehingga dapat dikatakan bahwa mobile learning terintegrasi AR efektif untuk meningkatkan disposisi berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan temuan ini, guru direkomendasikan menggunakan mobile learning terintegrasi AR untuk meningkatkan disposisi berpikir kritis peserta didik pada topik struktur atom dan topik kimia lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Irwanto, M.Pd. 2). Elsa Vera Nanda, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 23743 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:16
Last Modified: 30 Jul 2024 04:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47332

Actions (login required)

View Item View Item