PENGARUH MOBILE LEARNING TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY TERHADAP BEBAN KOGNITIF SISWA PADA TOPIK TERMOKIMIA

., ARINI IZZATAKI LATHIFAH (2024) PENGARUH MOBILE LEARNING TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY TERHADAP BEBAN KOGNITIF SISWA PADA TOPIK TERMOKIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Siswa seringkali mengalami miskonsepsi dalam materi termokimia dan pembelajarannya belum memfasilitasi siswa belajar aktif, sehingga beban kognitif mereka meningkat selama pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mobile learning terintegrasi Augmented Reality (mLearning AR) terhadap beban kognitif siswa dalam topik termokimia. Jenis penelitian ini adalah mixed-method dengan embedded design. Partisipan penelitian ini berjumlah 63 siswa kelas XI SMA Negeri 81 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan Cognitive Load Scale (CLS) dan wawancara semi-terstruktur untuk mengukur beban kognitif siswa di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen melakukan pembelajaran materi termokimia menggunakan mLearning AR, sedangkan kelompok kontrol menggunakan powerpoint. Data kuantitatif dianalisis menggunakan SPSS 25 dan data kualitatif dianalisis semi-terstruktur dianalisis menggunakan MAX-QDA 24. Hasil menunjukkan bahwa beban kognitif siswa di kedua kelompok mengalami penurunan. Namun, penurunan beban kognitif siswa kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan siswa kelompok kontrol di akhir pembelajaran. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa mLearning AR mampu meringankan beban kognitif siswa pada topik termokimia. Hal ini juga didukung dengan hasil wawancara semi-terstruktur siswa yang menyatakan penilaian positif mereka terhadap penggunaan mLearning AR dalam pembelajaran materi termokimia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Irwanto, M.Pd. 2) Elisabeth Rukmini, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Kimia
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 23855 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:02
Last Modified: 31 Jul 2024 01:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47348

Actions (login required)

View Item View Item