PENGARUH AUGMENTED REALITY GAME-BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KOMPUTASI (COMPUTATIONAL THINGKING) SISWA PADA TOPIK TEORI VSEPR

NESTI NANDA SALSABILA, . (2024) PENGARUH AUGMENTED REALITY GAME-BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KOMPUTASI (COMPUTATIONAL THINGKING) SISWA PADA TOPIK TEORI VSEPR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan smartphone yang hanya untuk tujuan hiburan bukan untuk tujuan pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran di sekolah cenderung berpusat pada guru dan belum menerapkan teknologi, sehingga pembelajaran kurang efektif dan mengakibatkan rendahnya berpikir komputasi siswa dalam memvisualisasikan bentuk molekul pada Teori VSEPR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh augmented reality terhadap berpikir komputasi siswa pada topik teori VSEPR. Sebanyak 64 siswa (laki-laki = 33; perempuan = 31) dipilih menjadi sampel dalam penelitian untuk mengikuti mata pelajaran kimia di SMAN 1 Indramayu. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimental, dua kelas yang terpilih menjadi sampel, diacak menggunakan metode lotere untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor berpikir komputasi siswa diperoleh dari Kuesioner Computational Thinking Scale (CTS). CTS berisikan 19 pernyataan yang terbagi menjadi 5 dimensi yaitu abstraksi, dekomposisi, berpikir algoritma, evaluasi dan generalisasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunaka Uji Mann-Whitney dan Uji Wilcoxon Rank sum Test. Hasil Uji Mann-Whitney menunjukan bahwa AR berdampak positif terhadap berpikir komputasi siswa pada topik teori VSEPR. Sehingga, disimpulkan bahwa AR berpengaruh positif terhadap berpikir komputasi siswa. Berdasarkan temuan ini, AR memberikan kontribusi baru bagi guru untuk menerapkan pembelajaran berbasis AR untuk meningkatkan berpikir komputasi siswa pada topik teori VSEPR. Kata Kunci: Berpikir komputasi, Augmented Reality, Teori VSEPR, Bentuk Molekul. ***** Research highlights smartphone use for entertainment, not learning, resulting in less effective teacher-centered learning models and low computational thinking in VSEPR Theory visualization. This research aims to determine the effect of augmented reality on students' computational thinking on the topic of VSEPR theory. 64 students were selected as samples in the research to take chemistry subjects at SMAN 1 Indramayu. In a quasi-experimental design, two classes selected and randomly using a lottery method to determine the experimental class and the control class. Students' computational thinking was evaluated using the Computational Thinking Scale (CTS) questionnaire. The CTS comprises 19 statements, categorized into five dimensions: abstraction, decomposition, algorithmic thinking, evaluation, and generalization. The data obtained were analyzed using the Mann-Whitney Test and the Wilcoxon Rank sum Test. The results of the Mann-Whitney Test show that AR has a positive impact on students' computational thinking on the topic of VSEPR theory. Thus, it is concluded that AR has a positive effect on students' computational thinking. Based on these findings, AR provides a new contribution for teachers to apply AR-based learning to improve students' computational thinking on the topic of VSEPR theory. Keywords: Computational thinking, Augmented reality, VSEPR theory, Molecular shape.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Irwanto, M.Pd 2). Edith Allanas, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 23973 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2024 01:17
Last Modified: 31 Jul 2024 01:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47426

Actions (login required)

View Item View Item