PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DIGITAL UNTUK MATA PELAJARAN DESAIN MEDIA INTERAKTIF KELAS XII DI SMK INSAN MULIA INFORMATIKA

FEBRI NUR HIDAYAT, . (2024) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DIGITAL UNTUK MATA PELAJARAN DESAIN MEDIA INTERAKTIF KELAS XII DI SMK INSAN MULIA INFORMATIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (465kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Panduan Praktikum Digital Mata Pelajaran “Desain Media Interaktif”. Pengembangan produk ini ditujukan untuk Peserta Didik Kelas XII SMK Insan Media Informatika. Produk yang dihasilkan berbentuk digital, yaitu PDF Interaktif. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengacu pada model pengembangan Rowntree yang terdiri dari 3 tahapan utama, yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, serta tahap penulisan dan penyuntingan. Penelitian pengembangan ini melibatkan ahli materi dan ahli media dalam rangka melakukan review dan memberi saran terhadap produk yang dikembangkan dengan angket kuesioner. Tahap uji coba pengguna dilakukan dengan face to face tryouts melalui angket kuesioner yang melibatkan 3 peserta didik dan uji coba lapangan/ field trials yang melibatkan 30 peserta didik Kelas XII tahun ajaran 2023/ 2024 SMK Insan Media Informatika menggunakan Skala Likert dengan skala 1-4. Nilai rata-rata yang didapat pada tahap uji coba field trials sebesar 3,72 dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk panduan praktikum yang dihasilkan sudah bagus dan layak digunakan untuk memfasilitasi kegiatan perkuliahan mata pelajaran “Desain Media Interaktif". ***** This development research aims to produce a product in the form of a Practicum Guidelines Digital for the subject Interactive Media Design. This product is intended for students Class XII of SMK Insan Media Informatika. The resulting product is in digital format, specifically an Interactive PDF. The development research follows Rowntree's development model, which consists of three main stages: planning, preparation for writing, and writing and re-writing. This development research involves material expert and media expert to review and provide feedback for the developed product through a questionnaire survey. User trials were conducted through face-to-face tryouts involving interviews with 3 students and field tests with 30 students Class XII of the academic year 2023/2024 at SMK Insan Media Informatika, using a Likert scale ranging from 1 to 4. The average score obtained during the field trials phase was 3.72, indicating a "very good" category. The results of this research show that the practical guide product developed is good and suitable for facilitating the teaching activities of the Interactive Media Design Subject.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Kunto Imbar Nursetyo, M.Pd ; 2). Mita Septiani, M.Pd .
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 23317 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:00
Last Modified: 01 Aug 2024 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47728

Actions (login required)

View Item View Item