FARAH NADIYAH, . (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN CONCEPT MAP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DALAM MATERI KOLOID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB 1.pdf Download (109kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA1.pdf Download (105kB) |
|
Text
Cover.pdf Download (691kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
FARAH NADIYAH. 2024. Pengaruh Media Pembelajaran Mind Mapping dan Concept map terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI dalam Materi Koloid. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi kimia. Sehingga digunakan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam mencapai hasil belajar kimia terlebih pada materi koloid. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan penggunaan media pembelajaran mind map dan concept map. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di SMA PGRI 2 Pondok Petir dengan sampel berjumlah 56 siswa, terdiri dari 28 siswa kelas XI MIPA A dan 28 siswa kelas XI MIPA B. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode yang digunakan adalah quasi experimental dan digunakan uji-t untuk penarikan kesimpulan. Ditemuakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas XI MIPA SMA PGRI 2 Pondok Petir antara penggunaan media pembelajaran mind map dengan media pembelajaran concept map. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penelitian berdasarkan uji satatistik t-test post-test yang menyatakan bahwa Sig. (0,001 < 0,05) dimana α=0,05. Artinya Ho ditolak dan H1 diterima yakni hasil belajar koloid peserta didik dengan pembelajaran menggunakan media mind map lebih berpengaruh positif daripada pembelajaran menggunakan media concept map. Kata Kunci : koloid, hasil belajar, mind map, concept map, ujI-t ***** FARAH NADIYAH. 2024. The Effect of Using Mind Mapping and Concept map Learning Media on Student Learning Outcomes of Class XI Student's on Colloid Topic. Thesis. Jakarta: Chemistry Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Jakarta. Students experience difficulties in understanding chemistry. So we use learning media to help students in achieving chemistry learning outcomes on the colloid chapter. The study aims to compare student learning outcomes with the use of mind map and concept map learning media. The research was conducted in the even semester of the 2023/2024 academic year at SMA PGRI 2 Pondok Petir with a sample of 56 students, consisting of 28 students in class XI MIPA A and 28 students in class XI MIPA B. The research approach used was quantitative, with the method used being quasi-experimental and used test-t for conclusions. There is a difference in the learning outcomes of students of class XI MIPA students at SMA PGRI 2 Pondok Petir using concept map learning media and mind map learning media. This can be proven by the results of the research based on thet-test post-test statistic which states that Sig. (0.001 < 0.05) where α=0.05. This means that Ho is rejected and H1 is accepted, which is the result of the colloid learning of the student with learning using a mind map media has more positive influence than learning using the concept map media. Keywords: colloid, learning outcomes, mind map, concept map, independent t- tests.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Sukro Muhab, M.Si 2). Prof. Dr. Yusmaniar, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 23267 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 04:33 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 04:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47774 |
Actions (login required)
View Item |