PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI BILANGAN BULAT TERHADAP PESERTA DIDIK TUNARUNGU

MARIANA SANITA BORU, . (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI BILANGAN BULAT TERHADAP PESERTA DIDIK TUNARUNGU. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, dkk..pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metodologi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Hasil & Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Kesimpulan & Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran & Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi bilangan bulat terhadap peserta didik tunarungu. 2) Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) digital yang dikembangkan dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi bilangan bulat terhadap peserta didik tunarungu ditinjau dari kriteria kevalidan. 3) Kelayakan LKPD digital yang dikembangkan dengan pendekatan PMRI pada materi bilangan bulat terhadap peserta didik tunarungu ditinjau dari kriteria kepraktisan. 4) Efektivitas LKPD digital yang dikembangkan dengan pendekatan PMRI pada materi bilangan bulat dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan merujuk pada model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation). LKPD dirancang dan disusun dengan menggunakan hal-hal realistik serta mengikuti tahapan pembelajaran pada pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. LKPD divalidasi oleh para ahli dengan metode expert judgement. LKPD diuji coba pada kelompok kecil yaitu 4 orang peserta didik tunarungu di kelas VIII SMPLB N 7 Jakarta dan implementasikan pada kelompok besar yaitu 12 orang peserta didik kelas VII yang terdiri dari 6 orang peserta didik SMPLB N 7 Jakarta dan 6 orang peserta didik SMPLB N 4 Jakarta. Hasil validasi dari para ahli menunjukan bahwa LKPD layak digunakan berdasarkan kriteria kevalidan dengan rata-rata persentase kevalidan dari ahli materi, media dan bahasa sebesar 87,31% dan masuk dalam kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan pada kelompok kecil menunjukan LKPD layak diimplementasikan pada kelompok besar dengan dengan rata-rata persentase kepraktisan sebesar 82,5% dan masuk pada kategori sangat praktis. Hasil uji kepraktisan LKPD pada kelompok besar menunjukan LKPD layak digunakan dengan rata-rata persentase kepraktisan sebesar 79,12% dan masuk pada kategori praktis. Hasil uji efektivitas menunjukan LKPD dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan rata-rata N-gain yang diperoleh sebesar 81,56% dan berada pada kategori efektif ***** This research aims to determine: 1) The process of developing digital Student Worksheets (LKPD) using the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach to integer material for deaf students. 2) The feasibility of digital Student Worksheets (LKPD) developed using the Indonesian Realistic Mathematics Education (PMRI) approach to integer material for deaf students in terms of validity criteria. 3) The feasibility of digital LKPD developed using the PMRI approach on integer material for deaf students in terms of practicality criteria. 4) The effectiveness of digital LKPD developed using the PMRI approach to integer material in improving the ability to understand mathematical concepts of deaf students. This research is research and development (Research and Development) with reference to the ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluation) model. The LKPD is designed and prepared using realistic things and following the learning stages in the Indonesian Realistic Mathematics Education approach. LKPD is validated by experts using the expert judgment method. The LKPD was tested on a small group, namely 4 deaf students in class VIII at SMPLB N 7 Jakarta and implemented in a large group, namely 12 students from class VII, consisting of 6 students from SMPLB N 7 Jakarta and 6 students from SMPLB N 4 Jakarta. Validation results from experts show that the LKPD is suitable for use based on validity criteria with an average percentage of validity from material, media and language experts of 87.31% and is in the very valid category. The results of the practicality test in small groups show that the LKPD is suitable for implementation in large groups with an average practicality percentage of 82.5% and is in the very practical category. The results of the LKPD practicality test in the large group showed that the LKPD was suitable for use with an average practicality percentage of 79.12% and was included in the practical category. The results of the effectiveness test show that the LKPD is declared effective in improving the ability to understand mathematical concepts with an average N-gain obtained of 81.56% and being in the effective category.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: Dr. Lukita Ambarwati, M.Si. Dr. Flavia Aurelia Hidajat, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 24802 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:42
Last Modified: 06 Aug 2024 03:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48535

Actions (login required)

View Item View Item