PENERAPAN ALAT SENSOR MQ - 2 PENDETEKSI KEBOCORAN GAS DAN SENSOR KY - 026 PENDETEKSI API PADA LINGKUNGAN PELAYANAN GATE PT IPC TERMINAL PETIKEMAS TANJUNG PRIOK DENGAN BERBASIS INTERNET OFTHINGS (IOT) (PRODUK INOVASI)

ARNOLD HABIBIE, . (2024) PENERAPAN ALAT SENSOR MQ - 2 PENDETEKSI KEBOCORAN GAS DAN SENSOR KY - 026 PENDETEKSI API PADA LINGKUNGAN PELAYANAN GATE PT IPC TERMINAL PETIKEMAS TANJUNG PRIOK DENGAN BERBASIS INTERNET OFTHINGS (IOT) (PRODUK INOVASI). UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebakaran merupakan musibah besar yang sering terjadi khususnya di Indonesia yang dapat diakibatkan oleh adanya kebocoran gas, pembakaran sampah, korsleting listrik, percikan api atau rokok, dan lain sebagainya. Umumnya permasalahan yang kerap muncul di lokasi kejadian adalah seringnya petugas pemadam kebakaran terlambat datang ke lokasi kebakaran. Hal ini biasanya disebabkan oleh lalu lintas yang padat dan kurangnya persiapan petugas serta keterlambatan dalam menerima laporan informasi kebakaran dari pemilik rumah atau masyarakat sekitar yang ada di lokasi kebakaran. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Fuzzy mamdani. Dalam membangun sistem ini peneliti menggunakan beberapa komponen hardware seperti black box, flame sensor KY-026, sensor MQ2, buzzer, serta LED Display,DHT-22, sedangkan software menggunakan draw.io, , Arduino IDE, dan Internet of Things,blynk. Berdasarkan hasil peneliti sistem yang dibangun telah bekerja dengan baik dan dapat mendeteksi adanya tanda-tanda kebakaran dini melalui suara sirine dari buzzer di ruangan serta notifikasi Internet of Things muncul teks di pop-up handphone,notifikasi gmail (kantor), dan notifikasi aplikasi blynk. ***** Kebakaran merupakan musibah besar yang sering terjadi khususnya di Indonesia yang dapat diakibatkan oleh adanya kebocoran gas, pembakaran sampah, korsleting listrik, percikan api atau rokok, dan lain sebagainya. Umumnya permasalahan yang kerap muncul di lokasi kejadian adalah seringnya petugas pemadam kebakaran terlambat datang ke lokasi kebakaran. Hal ini biasanya disebabkan oleh lalu lintas yang padat dan kurangnya persiapan petugas serta keterlambatan dalam menerima laporan informasi kebakaran dari pemilik rumah atau masyarakat sekitar yang ada di lokasi kebakaran. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Fuzzy mamdani. Dalam membangun sistem ini peneliti menggunakan beberapa komponen hardware seperti black box, flame sensor KY-026, sensor MQ2, buzzer, serta LED Display,DHT22, sedangkan software menggunakan draw.io, , Arduino IDE, dan Internet of Things,blynk. Berdasarkan hasil peneliti sistem yang dibangun telah bekerja dengan baik dan dapat mendeteksi adanya tanda-tanda kebakaran dini melalui suara sirine dari buzzer di ruangan serta notifikasi Internet of Things muncul teks di pop-up handphone,notifikasi gmail (kantor), dan notifikasi aplikasi blynk. Kata Kunci : MQ-2,KY-026,Blynk

Item Type: Book
Additional Information: 1). Kencana Verawati S.S.T.,M.M.Tr ; 2). Dr. Winoto Hadi,M.T
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > D IV Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Depositing User: Users 24750 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2024 00:07
Last Modified: 09 Aug 2024 00:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48614

Actions (login required)

View Item View Item