SHAFINA MAHARANI, . (2024) Integrasi Design Thinking dalam Proyek STEAM untuk Mengembangkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Topik Koloid. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (747kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (766kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (654kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profile keterampilan pemecahan masalah peserta didik melalui integrasi design thinking dalam proyek STEAM pada materi koloid. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 53 Jakarta dengan 36 peserta didik kelas XI sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen lembar observasi, tes uraian keterampilan pemecahan masalah, jurnal reflektif, wawancara, dan catatan peneliti. Pembelajaran kimia dilakukan dengan menggunakan tahapan design thinking yang terdiri atas empathize, define, ideate, prototype, dan test. Tahap Empathize dilakukan untuk membantu peserta didik dalam melakukan pengidentifikasian masalah melalui wawancara dan observasi. Tahap Define dilakukan untuk membantu peserta didik dalam merumuskan masalah yang harus diselesaikan. Selanjutnya, tahap Ideate dilakukan untuk mendorong peserta didik menghasilkan berbagai ide kreatif dalam menyelesaikan masalah yang telah dirumuskan. Pada tahap Prototype, peserta didik membuat prototype berdasarkan ide-ide terbaik mereka menjadi bentuk nyata, yang kemudian diuji pada tahap Test untuk mengevaluasi efektivitas solusi yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pemecahan masalah peserta didik dengan persentase rata-rata dari keempat penilaian yaitu 16,67% peserta didik berada pada kategori cukup baik, 55,55% peserta didik pada kategori baik, dan 27,77% peserta didik berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan design thinking dalam proyek STEAM membantu peserta didik mengembangkan keterampilan pemecahan masalah pada materi koloid.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D. 2). Edith Allanas, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 24943 not found. |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 04:43 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 04:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/48762 |
Actions (login required)
View Item |