ANALISIS RUGI-RUGI DAYA PADA INSTALASI LISTRIK RANGKAIAN KERETA ARGO PARAHIYANGAN

GABRIELLIA SURYA PUTRI, . (2020) ANALISIS RUGI-RUGI DAYA PADA INSTALASI LISTRIK RANGKAIAN KERETA ARGO PARAHIYANGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (716kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (469kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB) | Request a copy

Abstract

Gabriellia Surya Putri, ANALISIS RUGI-RUGI DAYA PADA INSTALASI LISTRIK RANGKAIAN KERETA API ARGO PARAHIYANGAN. Dosen Pembimbing: Drs. PurwantoGendroyono, MT dan Dr. Aris Sunawar, MT Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rugi-rugi daya yang terdapat pada instalasi listrik rangkaian kereta argo parahiyangan. Selain itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meminimalkan rugi-rugi daya yang terjadi pada rangkaian kereta api Argo Parahiyangan. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam menyelesaikan penelitian ini adalah dimulai dari melakukan observasi lapangan. Setelah data observasi terkumpul dilakukan perhitungan rugi-rugi daya di rangkaian kereta. Kemudian seluruh data dianalisis satu persatu dan digabungkan. Analisis dilakukan berupa analisis hubungan-hubungan aspek yang telah didapat dan dihitung. Setelah dilakukan analisis secara keseluruhan, ditarik beberapa kesimpulan mengenai rugi-rugi daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada rangkaian kereta api Argo Parahiyangan didapatkan nilai rugi daya di tiap segmen di antar titiknya. Pada fasa R, nilai rugi daya pada segmen AB sebesar 165,2 VA, pada segmeb BC sebesar 144,34 VA, pada segmen CD sebesar 123,55 VA, pada segmen DE sebesar 104,02 VA, pada segmen EF sebesar 105,48 VA, pada segmen FG sebesar 70,16 VA, pada segmen GH sebesar 40,67 VA, pada segmen HI sebesar 20,3 VA. Pada fasa S, didapatkan nilai rugi daya pada segmen AB sebesar 165,2 VA, pada segmen BC sebesar 123,78 VA, pada segmen CD sebesar 123,62 VA, pada segmen DE sebesar 117,6 VA, pada segmen EF sebesar 105,75 VA, pada segmen FG sebesar 61,6 VA, pada segmen GH sebesar 41,02 VA, pada segmen HI sebesar 17,52 VA. Pada fasa T, didapatkan nilai rugi daya pada segmen AB sebesar 165,2 VA, pada segmeb BC sebesar 123,78 VA, pada segmen CD sebesar 123,69 VA, pada segmen DE sebesar 117,68 VA, pada segmen EF sebesar 105,75 VA, pada segmen FG sebesar 61,67 VA, pada segmen GH sebesar 41,09 VA, pada segmen HI sebesar 17,58 VA. Kata Kunci: Rugi-RugiDaya, Instalasi Listrik KeretaApi Gabriellia Surya Putri, ANALYSIS OF POWER LOSS ON ELECTRICAL INSTALLATION OF PARAHIYANGAN ARGO RAILWAY, Skripsi. Jakarta: Faculty of Engineering, Jakarta State University 2020. Supervisor: Drs. PurwantoGendroyono, MT and Dr. Aris Sunawar, MT The purpose of this study was to determine the power losses contained in the Severo Argo railroad electrical installation. In addition, this study aims to find out how to minimize power losses that occur in the Argo Parahiyangan train circuit.The research method used by the author in completing this research is started from conducting field observations. After the observation data is collected, the power losses are calculated in the train circuit. Then all data are analyzed one by one and combined. The analysis is carried out in the form of an analysis of the relations of aspects that have been obtained and calculated. After overall analysis, several conclusions have been drawn regarding power losses. The results showed that the Argo Parahiyangan train series obtained the value of power loss in each segment between its points. In phase R, the value of power loss in the AB segment is 165.2 VA, in the BC segment is 144.34 VA, in the CD segment is 123.55 VA, in the DE segment is 104.02 VA, in the EF segment is 105.48 VA, in the FG segment by 70.16 VA, in the GH segment by 40.67 VA, in the HI segment by 20.3 VA. In phase S, the power loss value in the AB segment is 165.2 VA, in the BC segment is 123.78 VA, in the CD segment is 123.62 VA, in the DE segment is 117.6 VA, in the EF segment is 105, 75 VA, in the FG segment by 61.6 VA, in the GH segment by 41.02 VA, in the HI segment by 17.52 VA. In phase T, the power loss value in the AB segment is 165.2 VA, in the BC segment is 123.78 VA, in the CD segment is 123.69 VA, in the DE segment is 117.68 VA, in the EF segment is 105, 75 VA, in the FG segment of 61.67 VA, in the GH segment of 41.09 VA, in the HI segment of 17.58 VA. Keywords: Power Losses, Railway Electrical Installation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Drs. Purwanto Gendroyono, MT 2. Dr. Aris Sunawar, MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1676 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 14:53
Last Modified: 03 Mar 2020 14:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4930

Actions (login required)

View Item View Item