PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI, PRESTASI AKADEMIK DAN PENGUASAAN SOFTSKILL TERHADAP KESIAPAN BEKERJA PADA SISWA SMK NEGERI DI JAKARTA TIMUR

FIKA RAHMATIA PUTRI, . (2024) PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI, PRESTASI AKADEMIK DAN PENGUASAAN SOFTSKILL TERHADAP KESIAPAN BEKERJA PADA SISWA SMK NEGERI DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Bab 2 Kajian Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas salah satu tujuan utama pendidikan SMK, yaitu mempersiapkan peserta didik yang handal dan profesional untuk bekerja, namun banyak lulusan SMK yang masih kurang siap memasuki dunia kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh simultan maupun parsial antara pengalaman praktik kerja industri, prestasi akademik, dan penguasaan softskill terhadap kesiapan bekerja pada siswa SMK di Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional yang dilakukan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner dan dokumentasi pada 103 siswa di SMKN 50 dan SMKN 10 Jakarta sebagai sampel. Metode analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, analisis statistik regresi berganda, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengalaman praktik kerja industri, prestasi akademik, dan penguasaan softskill secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan bekerja. Namun, secara parsial, hanya pengalaman praktik kerja industri dan penguasaan softskill berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan bekerja, sedangkan prestasi akademik tidak berpengaruh signifikan terhadap kesiapan bekerja. Hasil ini menunjukkan bahwa prestasi akademik saja tidak cukup untuk memastikan kesiapan bekerja seorang lulusan SMK Akuntansi, akan tetapi kemampuan praktis, keterampilan interpersonal, dan pengalaman dunia nyata juga sangat penting di dunia kerja. Hal ini sejalan dengan teori John Dewey (1859-1952) yang menekankan pentingnya belajar melalui pengalaman praktik, serta pentingnya pengembangan softskill.*****This study discusses one of the main objectives of vocational education, which is to prepare students who are reliable and professional for work, but many vocational graduates are still not ready to enter the world of work. The purpose of this study is to determine whether there is a simultaneous or partial influence between industrial work practice experience, academic achievement, and mastery of soft skills on work readiness for vocational students in East Jakarta. The research method used in this study is quantitative correlation conducted by collecting data through questionnaires and documentation on 103 students at SMKN 50 and SMKN 10 Jakarta as samples. Data analysis methods include descriptive statistical analysis, multiple regression statistical analysis, hypothesis testing, and the coefficient of determination. The results of the analysis show that industrial work practice experience, academic achievement, and mastery of soft skills simultaneously have a significant positive effect on work readiness. However, partially, only industrial work practice experience and mastery of soft skills have a significant positive effect on work readiness, while academic achievement has no significant effect on work readiness. These results indicate that academic achievement alone is not enough to ensure the work readiness of a graduate of an Accounting Vocational School, but practical abilities, interpersonal skills, and real-world experience are also very important in the world of work. This is in line with the theory of John Dewey (1859-1952) which emphasizes the importance of learning through practical experience, as well as the importance of soft skills development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Handarini, S.Pd., M.Ak. ; 2). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 24978 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2024 00:16
Last Modified: 12 Aug 2024 00:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49667

Actions (login required)

View Item View Item