FITRIA PUTRI SETYANINGRUM, . (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MODEL PEMBELAJARAN DILEMMA-STEAM PADA MATERI PENGUKURAN KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (521kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (515kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Sebanyak 53% dari 30 peserta didik menyatakan kesulitannya dalam pembelajaran fisika adalah menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran Dilemma-STEAM mengajak peserta didik untuk menemukan solusi dari dilema pada kehidupan sehari-hari yang kemudian diintegrasikan dalam proyek STEAM. E-Modul adalah media pembelajaran yang menarik dan dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul berbasis model pembelajaran Dilemma-STEAM pada materi pengukuran kelas X yang layak digunakan oleh peserta didik. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil dari uji kelayakan yang dilakukan pada e-modul oleh tiga ahli yang meliputi aspek media, materi, dan pembelajaran menghasilkan nilai rata-rata 91,9% dengan interpretasi sangat layak. Kemudian, uji coba yang dilakukan kepada peserta didik dan guru fisika menghasilkan nilai rata-rata 89,2% (sangat baik) dan 94,3% (sangat baik). Hal ini karena e-modul yang dikembangkan dapat diakses melalui Canva pada tautan https://tinyurl.com/E-ModulPengukuran dengan menggunakan perangkat elektronik, sehingga dapat digunakan secara mandiri oleh peserta didik. Oleh karena itu, e-modul model pembelajaran Dilemma-STEAM pada materi pengukuran kelas X yang dikembangkan dinyatakan layak dan dapat digunakan sebagai media belajar oleh peserta didik maupun pendidik. 53% of 30 students said that their difficulty in learning physics is to correlate it with real life. The Dilemma-STEAM learning model engages students to find solutions to dilemmas in everyday life which are then integrated into STEAM projects. E-Modules are attractive learning media and can be used independently by students. The purpose of this research is to develop an e-module based on the Dilemma-STEAM learning model in 10th grade subject measurement that is eligible for use by students. This development was carried out using the ADDIE development model which consists of the stages of analysis, design, development, implementation and evaluation. The results of the eligibility test conducted on the e-module by three experts covering aspects of media, the subject matter, and learning resulted in an average score of 91.9% with a very eligible interpretation. Then, the trial conducted to students and physics teachers resulted in an average score of 89.2% (very good) and 94.3% (very good). This is because the developed e-module can be accessed through Canva at the link https://tinyurl.com/E-ModulPengukuran using electronic devices, so it can be used independently by students. Therefore, the e-module Dilemma-STEAM learning model on the 10th grade measurement subject developed is declared eligible and can be used as a learning media by students and educators.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hadi Nasbey, S.Pd., M.Si. 2). Prof. Yuli Rahmawati, M.Sc., Ph.D |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 24895 not found. |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 00:33 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 00:33 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49834 |
Actions (login required)
View Item |