PIETER, . (2024) DIFFERENTIATED INSTRUCTION IMMERSION TO ENHANCE STUDENT LISTENING AND SPEAKING SKILLS: A GAP ANALYSIS OF MYENGLISHSTEP.COM AS A DIGITAL LEARNING MATERIALS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
Abstract
*****ABSTRAK***** Setiap latar belakang, minat, dan profil pembelajaran siswa yang unik menghadirkan tantangan bagi guru dalam menyampaikan pelajaran yang efektif. Pembelajaran yang dibedakan (Differentiated Instruction, DI) mengatasi kebutuhan beragam ini dengan menawarkan pengalaman pendidikan yang dipersonalisasi. Mengintegrasikan DI dengan sumber daya pembelajaran digital meningkatkan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis siswa, terutama dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris. MyEnglishStep.com (MES) sebagai sumber daya digital dirancang pada tahun 2021 untuk siswa dan guru sekolah menengah pertama guna mendukung kebutuhan beragam siswa dalam belajar bahasa Inggris. Sebuah studi pendahuluan mengidentifikasi bahwa MES kurang memiliki strategi DI. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan umpan balik guru antara MES lama dan MES baru untuk menunjukkan kesenjangan yang ada. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis kesenjangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MES baru secara efektif meningkatkan aspek-aspek ini, memberikan pengalaman belajar yang dipersonalisasi yang secara signifikan meningkatkan kosa kata, akuisisi pengetahuan, dan kemampuan berpikir kritis. Integrasi alat digital dan metode penilaian mandiri mendorong model pembelajaran yang berpusat pada siswa, meningkatkan keterlibatan dan tanggung jawab. Pendekatan komprehensif ini memperkaya pengalaman pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia nyata, menjadikan MES baru sebagai kemajuan substansial dalam strategi pembelajaran bahasa. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi kebutuhan dukungan guru yang berkelanjutan dalam menjelaskan aktivitas MES guna menghindari potensi kebingungan siswa. Kata kunci: Instruksi Berdiferensiasi (DI), MyEnglishStep (MES), Pembelajaran Digital, Kesiapan, Minat, Profil Pembelajaran, Sekolah Menengah Pertama, Keterampilan Inggris. *****ABSTRACT***** Every student's unique background, interests, and learning profile present challenges for teachers in delivering effective lessons. Differentiated Instruction (DI) addresses these diverse needs by offering personalized educational experiences. Integrating DI with digital learning resources enhances students' listening, speaking, reading, and writing skills, particularly in English language learning contexts. MyEnglishStep.com (MES) as a digital resource was designed in 2021 for junior high school students and teachers to support students’ diverse needs in learning English. As a preliminary study identify that MES lacks DI strategies. This study aims to compare teacher feedback between old MES and new MES to indicate the gap. Qualitative method is used in this study, which is gap analysis. Results indicate that the new MES effectively enhances these aspects, providing a personalized learning experience that significantly improves vocabulary, knowledge acquisition, and critical thinking abilities. The integration of digital tools and self-assessment methods fosters a student-centered learning model, enhancing engagement and responsibility. This comprehensive approach enriches the educational experience and prepares students for real-world challenges, marking the new MES as a substantial advancement in language learning strategies. Further research is suggested to explore the necessity of ongoing teacher support in clarifying MES activities to avoid potential student confusion. Keywords: Differentiated Instruction (DI), MyEnglishStep (MES), Digital Learning, Readiness, Interest, Learning Profile, Junior High School, English Skills.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A. 2) Tara Mustikaning Palupi, M.Hum. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 25371 not found. |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 01:08 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 01:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50231 |
Actions (login required)
View Item |